Tuesday, September 24, 2019

Ketahui Obat Pilek Yang Aman Dan Ampuh Untuk Anak

Ketahui Obat Pilek Yang Aman Dan Ampuh Untuk Anak


Pilek merupakan penyakit yang paling sering dijumpai pada kehidupan sehari - hari. Pilek biasanya sering terjadi pada musim pancaroba dan musim hujan. Anak - anak merupakan kelompok usia yang paling rentan mengalami pilek. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh pada anak belum sempurna seperti pada orang dewasa. Penyakit pilek sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya. Tetapi, jika tidak segera ditangani anak anda bisa menjadi rewel, karena penyakit pilek cukup mengganggu dan membuat kesulitan bernapas. Berbagai gejala pilek seperti hidung tersumbat, demam, pusing, sakit tenggorokan, serta batuk dapat membuat anak anda menjadi rewel dan sulit tidur.

Untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit pilek, maka diperlukan peran obat - obatan yang tentunya aman untuk anak.


Berikut ini merupakan beberapa jenis obat pilek yang aman untuk anak, yaitu :

1. Paracetamol

Paracetamol atau acetaminophen adalah obat yang biasa digunakan untuk meredakan demam, sakit kepala, dan sakit tenggorokan. Obat ini dapat diperoleh di apotek, baik dengan resep dokter maupun tanpa resep. Dosis paracetamol biasanya disesuaikan dengan umur dan berat badan anak. Berikan satu dosis obat tiap 4 sampai 6 jam saat diperlukan. Jangan sampai melebihi 5 dosis dalam 24 jam. Jika digunakan sesuai dengan aturan pakai, paracetamol jarang menimbulkan efek samping.

2. Ibuprofen

Ibuprofen juga merupakan obat yang dapat digunakan untuk meredakan gejala pilek seperti demam dan sakit kepala. Ibuprofen memiliki keunggulan dibandingkan dengan paracetamol, yaitu ibuprofen juga dapat digunakan untuk mengatasi peradangan yang terjadi didalam tubuh. Berikan satu dossi ibuprofen setiap 6 - 8 jam atau sesuai kebutuhan. Jangan sembarangan menakar obat ibuprofen, karena efeknya jauh lebih kuat dibandingkan paracetamol. Obat ini tidak boleh diberikan pada bayi yang berusia dibawah 6 bulan atau pada anak yang mengalami muntah terus menerus dan mengalami dehidrasi.

3. Semprotan saline

Semprotan saline dapat digunakan untuk melegakan hidung tersumbat. Obat pilek jenis ini digunakan dengan cara disemprotkan kedalam rongga hidung. Obat pilek semprot ini mengandung larutan garam yang dapat melembabkan saluran hidung dan mengencerkan ingus.



Badan pengawas obat dan makanan amerika serikat yang setara dengan BPOM RI mengeluarkan aturan khusus bagi setiap orang yang akan menggunakan obat pilek untuk anak, yaitu :
  • Obat pilek nonresep yang dijual secara bebas, tidak direkomendasikan penggunaannya untuk anak yang berusia dibawah 2 tahun.
  • Obat batuk dengan resep yang mengandung kodein atau hidrokodon tidak boleh digunakan pada anak yang berusia dibawah 18 tahun. Kodein dan hidrokodon termasuk kedalam golongan obat opioid yang memiliki potensi efek samping serius jika digunakan pada anak.
  • Hindari menggunakan obat pilek yang mengandung terlalu banyak kombinasi zat karena mungkin ada beberapa kandungan zat tertentu yang tidak aman untuk anak.
  • Selalu gunakan sendok takar yang tersedia pada kemasan obat. Hal ini karena takaran sendok dapur sangat berbeda dengan standar sendok takar obat.
  • Obat herbal tidak selalu aman untuk menyembuhkan pilek anak. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter anda sebelum menggunakan obat - obatan herbal.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search