Tuesday, September 24, 2019

Ketahui Manfaat Daun Kelor Untuk Ibu Menyusui

Ketahui Manfaat Daun Kelor Untuk Ibu Menyusui


Pernahkah anda menyantap sayur kelor ? selain lezat dan menyehatkan, sayur kelor ternyata juga memiliki manfaat untuk ibu hamil. Sayur kelor merupakan sayur yang berbahan dasar daun kelor sebagai bahan utamanya, dan ditambah dengan beberapa bumbu lainnya untuk menambah cita rasa. Daun kelor atau moringa oleifera adalah tanaman yang kaya akan antioksidan. Tanaman ini biasa dikonsumsi dengan cara dimasak dan dijadikan ekstrak. Daun kelor memiliki beragam nutrisi yang diperlukan tubuh seperti vitamin A, B, dan C. Dalam setiap 100 gram daun kelor, mengandung 75 mg kalori, 60 mg protein, 13 gram karbohidrat, dan 353 mg kalsium. Selain itu, daun kelor juga mengandung zat besi yang dapat digunakan untuk mencegah anemia.

Sebuah study yang dipimpin oleh Dr. Michelle A. Taup, MD, menemukan bahwa kelompok ibu menyusui yang rutin mengkonsumsi kapsul daun kelor sebanyak dua kali sehari mengalami peningkatan produksi ASI yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan daun kelor memiliki zat galactagogue alami. Galactagogue sendiri merupakan suatu zat yang dapat meningkatkan produksi dan aliran ASI.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat lain dari daun kelor yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Menyembuhkan luka dan memar

Daun kelor mengandung zat besi, anti inflamasi, serta antiseptic. Hal ini membuat daun kelor memiliki manfaat yaitu dapat membantu menyembuhkan luka ringan seperti memar, luka biasa, dan luka bakar. Cara menggunakan daun kelor sebagai obat penyembuh luka adalah dengan cara menempelkan daun kelor yang sudah ditumbuk pada bagian kulit yang luka, lalu diamkan sampai lukanya mengering.

2. Membakar kalori tubuh

Daun kelor ternyata tidak hanya bermanfaat bagi ibu menyusui, tetapi juga dapat bermanfaat untuk semua orang. Pada orang dewasa, daun kelor diketahui memiliki manfaat yaitu dapat membakar kalori tubuh. Hal ini tentunya sangat berguna bagi anda yang sedang menjalankan program diet. Daun kelor secara alami bisa menjadi suplemen pelangsing tubuh yang ampuh. Daun kelor juga dapat membuat berat badan menjadi stabil dan energi tubuh selalu tercukupi untuk melakukan aktivitas sehari - hari.

3. Membasmi kolestrol jahat

Seringkali kita tidak dapat mengontrol makanan yang masuk kedalam tubuh. Kita juga tanpa sadar sering mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol jahat. Nah, untuk menetralisir kolesterol jahat, anda dapat menggunakan daun kelor sebagai solusinya. Hal ini tentunya berhubungan dengan kemampuan daun kelor dalam membakar kalori tubuh, sehingga kolesterol serta lemak jahat pun ikut terbakar.

4. Melawan kanker


Daun kelor merupakan salah satu jenis tanaman yang kaya akan antioksidan. Antioksidan diketahui berperan penting dalam menangkal berbagai zat radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Oleh karena itu, jika anda rutin mengkonsumsi daun kelor, maka anda pun dapat meminimalisir risiko terjadinya penyakit kanker pada diri anda.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search