Tuesday, September 24, 2019

Tips Memulihkan Kondisi Tubuh Pasca Operasi Caesar

Tips Memulihkan Kondisi Tubuh Pasca Operasi Caesar


Apa yang anda bayangkan ketika mendengar nama operasi caesar ? Operasi caesar merupakan proses melahirkan bayi yang dilakukan dengan cara menyayat bagian perut hingga rahim ibu. Sayatan pada perut tersebut merupakan jalan keluarnya bayi dari dalam rahim, ketika kondisi ibu tidak memungkinkan untuk dilakukan proses persalinan normal. Dokter biasanya membuat sayatan memanjang dengan arah horizontal tepat diatas tulang kemaluan. Dibandingkan dengan proses melahirkan normal melalui vagina, persalinan dengan metode caesar memang membutuhkan waktu penyembuhan yang lebih lama. Oleh karena itulah, anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum menjalankan prosedur tersebut.

Operasi caesar dapat memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap kesehatan fisik dan mental ibu selama berminggu - minggu masa pemulihan. Pada periode ini, perawatan setelah operasi caesar sangat penting agar ibu dapat pulih dan sembuh dengan cepat. Masa pemulihan setelah menjalani operasi caesar biasanya berlangsung selama 4 - 6 minggu. Periode ini dapat berbeda - beda pada setiap orang, tergantung kondisi tubuh setelah persalinan dan perawatan yang diberikan. Operasi caesar sebenarnya terbilang aman, tetapi tidak menutup kemungkinan dapat terjadi beberapa risiko yang lebih banyak jika dibandingkan dengan persalinan normal.


Berikut ini merupakan beberapa tips untuk memulihkan kondisi fisik dan mental setelah menjalani operasi caesar. Yaitu :

1. Banyak beristirahat

Setiap orang yang telah menjalani prosedur operasi termasuk operasi caesar, harus banyak beristirahat selama masa pemulihan, agar pemulihan tubuh dapat berlangsung cepat. Namun, anda mungkin akan mengalami kesulitan karena harus merawat bayi yang baru lahir sekaligus melakukan pekerjaan rumah tangga. Anda dapat mencoba untuk menyeimbangkan waktu antara merawat bayi dengan beristirahat. Jangan ragu untuk meminta bantuan pasangan, keluarga, teman dekat, atau tetangga yang bisa dipercaya untuk mengurus rumah selama masa pemulihan.

2. Mengelola emosi dengan baik

Agar cepat pulih pasca operasi caesar, kesehatan mental ibu juga perlu diperhatikan. Beberapa orang bahkan mengalami trauma atau depresi setelah melahirkan. Sebisa mungkin, hindarilah berbagai hal yang dapat memicu emosi negatif. Ceritakan kepada pasangan anda agar ia memahami kondisi anda. Bila perlu, konsultasikanlah dengan tenaga professional seperti psikolog atau psikiater.

3. Mencegah luka bekas operasi terbuka kembali

Aktivitas tertentu dapat membuat luka bekas operasi kembali terbuka sehingga dapat menghambat proses pemulihan. Sebelum anda pulih sepenuhnya, sebaiknya jangan terlalu sering naik atau turun tangga ataupun mengangkat beban yang lebih berat dari bayi anda. Jagalah luka bekas operasi pada perut anda dengan cara memegang perut anda setiap kali batuk atau bersin. Tunda kegiatan bekerja, berkendara, dan berhubungan intim sebelum dokter memperbolehkannya.

4. Mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dianjurkan dokter

Luka yang ditimbulkan pasca operasi caesar dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri yang hebat. Maka dari itu, pastikan anda meminum obat pereda nyeri sesuai anjuran dokter. Sebagai penunjang obat - obatan, anda juga dapat menggunakan heating pad untuk meredakan nyeri pada luka bekas operasi.

5. Mencukupi kebutuhan nutrisi

Kebutuhan nutrisi merupakan aspek yang sangat penting utnuk mempercepat proses penyembuhan anda pasca operasi caesar. Berikut ini merupakan beberapa tips untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anda untuk mempercepat proses pemulihan, yaitu :
  • Mengkonsumsi lebih banyak sumber protein seperti telur, ayam, susu, kacang - kacangan, tempe, tahu, keju, yogurt, dan suplemen protein.
  • Memenuhi kebutuhan kalori harian.
  • Minum cukup air, setidaknya 1,5 - 2 liter setiap hari.
  • Batasi makanan yang tinggi lemak, gula, dan garam.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search