Tuesday, September 24, 2019

Ketahui Dampak Buruk Penggunaan Headset

Ketahui Dampak Buruk Penggunaan Headset


Headset merupakan perangkat elektronik gabungan antara headphone dan mikrofon. Dalam kehidupan sehari - hari, alat ini sering digunakan untuk mendengarkan musik, berkomunikasi, dan sebagainya. Headset memang sangat berguna, terutama untuk meredam suara agar hanya dapat didengarkan oleh orang yang memakainya saja. Meskipun memiliki beragam kelebihan, ternyata penggunaan headset secara berlebihan juga dapat berdampak buruk pada kesehatan terutama pendengaran. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai dampak buruk penggunaan headset bagi kesehatan.

Mendengarkan musik menggunakan headset memang sangat mengasikkan, karena tidak mengganggu orang sekitar. Headset pun sebenarnya aman digunakan selama tidak berlebihan dan tetap mengikuti aturan penggunaannya. Tetapi, dibalik asyiknya menggunakan headset, ternyata terdapat bahaya yang mengintai.


Berikut ini merupakan beberapa bahaya atau dampak buruk penggunaan headset bagi kesehatan, yaitu :

1. Kerusakan permanen pada telinga

Bahaya pertama akibat penggunaan headset secara berlebihan adalah terjadinya kerusakan permanen pada telinga. Hal ini dapat terjadi bila telinga sudah tidak kuat lagi menanggung beban suara keras dari headset yang langsung terhubung dengan lubang telinga. Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang masih berusia muda atau remaja.

2. Kehilangan pendengaran

Berdasarkan penelitian, efek penggunaan headset yang berlebihan ini memang tidak langsung dapat dirasakan. Kerusakan akibat memakai headset biasanya akan muncul perlahan. Jika penggunaan headset telah dilakukan sejak usia dini, biasanya efek akan terasa ketika memasuki usia 20 tahunan. Pada usia itulah penderita akan kehilangan pendengarannya.

3. Kerusakan otak

Gelombang elektromagnetik akibat penggunaan headset ini diduga dapat berpengaruh terhadap listrik otak. Hasil penelitian membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik yang dipancarkan headset ternyata berpengaruh terhadap arus listrik yang ada didalam otak tikus. Namun, hingga saat ini belum diketahui seberapa besar efek dari gelombang elektromagnetik tersebut pada otak manusia.

4. Mempengaruhi ambang pendengaran

Paparan musik dengan headset diketahui dapat mempengaruhi ambang pendengaran manusia, terutama bila mendengarkan musik dengan volume keras dan dalam jangka waktu yang lama. Secara perlahan, efek ini akan mengarah pada gangguan pendengaran secara permanen. Oleh karena itu, anda sebaiknya menggunakan headset sesuai kebutuhan saja, jangan berlebihan.

5. Infeksi telinga


Salah satu risiko yang terkait dengan penggunaan headset lebih banyak berkaitan dengan perawatan headset daripada yang berhubungan dengan mekanisme headset itu sendiri. Infeksi telinga kemungkinan terjadi pada karyawan yang menggunakan headset untuk keperluan customer service. Infeksi tersebut dapat terjadi karena penggunaan headset selama berjam - jam dan headset tidak dirawat selama berbulan - bulan. Sebaiknya, bantalan telinga headset harus diganti setiap 6 bulan dan dirawat setiap hari dengan pembersih untuk menghindari risiko penyebaran bakteri.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search