Tuesday, September 24, 2019

Calcitonin : Obat Untuk Mengatasi Gangguan Pada Tulang

Calcitonin : Obat Untuk Mengatasi Gangguan Pada Tulang


Tulang merupakan struktur utama dalam tubuh manusia. Tulang juga berperan sebagai kerangka pembentuk tubuh. Tanpa tulang, tubuh manusia tidak akan terbentuk karena tulanglah yang penyusun utama tubuh. Tulang terbagi menjadi beberapa jenis seperti tulang kerangka, tulang rawan, tulang rusuk, dan sebagainya. Tubuh manusia tersusun atas tulang, kemudian dibalut dengan daging, otot, dan sistem saraf, dan dilengkapi dengan berbagai organ tubuh untuk menjalankan aktivitas kehidupan seperti jantung, ginjal, paru - paru, mata, telinga, dan sebagainya. Tulang juga sangat rentan mengalami gangguan. Salah satu gangguan yang sering terjadi pada tulang adalah nyeri tulang dan osteopororsis. Jika tidak segera ditangani, gangguan yang terjadi pada tulang dapat berdampak buruk pada kesehatan serta dapat mengganggu aktivitas sehari - hari.

Salah satu obat yang sering digunakan untuk mengatasi gangguan pada tulang adalah calcitonin. Calcitonin merupakan obat yang berfungsi untuk mengobati beberapa gangguan yang terjadi pada tulang, seperti paget’s disease dan osteoporosis pascamenopause. Calcitonin adalah hormon yang membantu meregulasi dan memelihara kadar kalsium dalam darah agar kembali dalam ambang normalnya. Calcitonin merupakan hormon buatan manusia dan tergolong sebagai agen yang mempengaruhi metabolisme tulang. Calcitonin juga berperan dalam pembentukan tulang serta mengurangi rasa ngilu pada pasien yang mengalami paget’s disease.

Calcitonin digunakan dengan cara disuntikkan langsung kedalam lapisan kulit atau otot. Untuk pengobatan yang disebabkan karena kadar kalsium berlebih, anda akan menerima pengobatan setiap 12 jam. Sedangkan untuk pengobatan osteoporosis, anda akan mendapatkan pengobatan dua hari sekali. Pasien dengan kondisi paget’s disease akan menerima pengobatan setiap hari maupun berselang, sesuai dengan intruksi dokter. Dosis diberikan berdasarkan kondisi medis pasien dan respon pasien terhadap pengobatan. Calcitonin merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis calcitonin untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk pengidap paget’ disease :
  • 50 - 100 unit melalui injeksi sebanyak satu kali sehari.
  • Calcitonin tidak diresepkan lebih dari 6 bulan, kecuali jika terjadi gejala neurologis atau luka titik pada tulang.

Dosis dewasa untuk pengidap hiperkalsemia :
  • 4 unit/kg berat badan melalui injeksi setiap 12 jam.
  • Dosis maksimum tidak boleh melebihi 545 unit tiap dosis.

Dosis dewasa untuk pengidap osteoporosis :
  • 100 unit diberikan berselang hari atau 50 unit perhari melalui injeksi.


Dosis calcitonin untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis calcitonin untuk anak - anak. Mungkin obat ini mengandung zat yang dapat membahayakan jika digunakan untuk pasien anak.


Efek samping

Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan calcitonin, yaitu :
  • Tubuh terasa hangat, kemerahan, gatal - gatal, terasa sensasi menggelitik dibawah kulit.
  • Mual, kehilangan nafsu makan, sakit perut.
  • Muntah.
  • Sering buang air kecil.
  • Rasa sakit pada mata.
  • Bengkak pada kaki.
  • Pembengkakan atau iritasi kulit pada area bekas suntikan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search