Monday, October 28, 2019

Deferoxamine : Obat Untuk Mengatasi Kelebihan Zat Besi Di Dalam Tubuh

Deferoxamine : Obat Untuk Mengatasi Kelebihan Zat Besi Di Dalam Tubuh


Zat besi merupakan mineral penting yang sangat dbutuhkan oleh tubuh. Fungsi zat besi yang paling utama adalah untuk membentuk sel darah merah yang sehat. Tetapi, jika seseorang mengalami kelebihan zat besi didalam tubuhnya, orang tersebut akan mengalami berbagai kerusakan organ tubuh yang dapat mengancam jiwanya. Hal ini karena ketika tubuh mengalami kelebihan zat besi, maka zat besi yang lebih tersebut disimpan dalam organ hati, jantung, dan pankreas. Jika tidak segera ditangani, zat besi tersebut akan menumpuk dan merusak organ tersebut.


Berikut ini merupakan beberapa gejala ketika tubuh mengalami kelebihan zat besi, yaitu :
  • Kelelahan
  • Sakit perut
  • Lemah dan lesu
  • Nyeri sendi
  • Hilangnya gairah seksual
  • Kerusakan hati
  • Periode menstruasi yang tiba - tiba berhenti
  • Pembesaran hati

Pengobatan terhadap kondisi kelebihan zat besi biasanya dilakukan dengan cara mengeluarkan darah dari tubuh secara teratur. Tujuannya adalah untuk mengurangi kadar zat besi yang ada didalam tubuh dan mengembalikannya kedalam kadar normal. Cara lain yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar zat besi yang ada didalam darah adalah dengan menggunakan obat deferoxamine. Deferoxamine merupakan obat yang umum digunakan untuk menangani kelebihan kadar zat besi pada darah, yang dapat disebabkan oleh tranfusi darah berulang, kelainan darah seperti thalassemia, atau keracunan zat besi. Deferoxamine juga dapat digunakan untuk menghilangkan zat besi pada pasien yang memiliki kadar zat besi yang tinggi, yang disebabkan oleh banyaknya tranfusi darah.

Deferoxamine termasuk kedalam golongan obat iron chelators. Obat ini bekerja dengan cara mengikat zat besi berlebih pada tubuh dan membantu ginjal serta kantung empedu membuang kelebihan zat besi. Obat ini tidak dianjurkan pada anak - anak yang berusia dibawah 3 tahun. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi kadar aluminium yang tinggi pada pasien dialysis dan pasien yang mengalami keracunan aluminium. Selalu ikuti aturan dan petunjuk yang diberikan oleh dokter maupun apoteker sebelum anda memulai pengobatan. Dosis diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan. Deferoxamine merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis deferoxamine untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk keracunan zat besi akut :
  • Dosis awal 15 mg/kg/jam melalui intravena lambat. Dosis lalu dikurangi setelah 4 - 6 jam agar dosis tidak melebihi 80 mg/kg dalam 24 jam.


Dosis deferoxamine untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis deferoxamine untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak - anak.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, deferoxamine juga memiliki efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami maupun merasakan efek smaping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat pemberian obat deferoxamine, yaitu :
  • Pusing
  • Gatal atau ruam pada kulit
  • Mati rasa atau perih pada tubuh]
  • Diare ringan dan sakit perut
  • Urine kemerahan




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search