Monday, October 28, 2019

Ketahui Manfaat Cuka Dalam Dunia Medis

Ketahui Manfaat Cuka Dalam Dunia Medis


Cuka merupakan bahan masakan yang hampir ada di setiap rumah. Cuka sering digunakan sebagai penguat rasa pada masakan, sebagai bahan pembuatan acar, maupun sebagai dressing pada salad. Tetapi, tahukah anda, cuka juga memiliki manfaat dalam dunia medis. Menurut sejarah, cuka sudah digunakan dalam dunia pengobatan zaman romawi kuno oleh dokter terkneal yunani, yaitu Hippocrates. Hippocrates merekomendasikan cuka untuk mengobati batuk dan flu. Cuka juga digunakan oleh dokter tommaso el garbo dari italia pada tahun 1348 ketika terjadi wabah sampar di Negara tersebut. Beliau mencuci tangan, wajah, dan mulutnya menggunakan cuka dengan tujuan supaya terhindar dari infeksi. Campuran cuka dan air juga menjadi minuman penyegar para prajurit romawi kuno untuk memuaskan dahaga mereka selama pertempuran. Mekipun banyak sekali bukti sejarah tentang manfaat cuka bagi kesehatan, tetapi belum ada penelitian besar yang membuktikan kebenaran tersebut.

Bukti yang paling meyakinkan perihal manfaat cuka dalam dunia medis datang dari penelitian kecil yang menggunakan cuka sari apel. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa cuka sari apel dapat meningkatkan kadar glukosa darah. Penelitian lain terhadap orang dewasa yang menderita obesitas juga menunjukkan terjadinya penurunan berat badan, massa lemak, dan trigliserida yang signifikan. Cuka dibuat dengan melakukan fermentasi terhadap akar bit, kentang, apel, dan gula tetes. Cuka tidak sama dengan produk hasil fermentasi lain seperti bir atau wine. Cairan ini memiliki rasa asam yang sangat kuat dan pekat. Jika dikonsumsi secara langsung, rasa asam ini dapat membuat lidah menjadi tidak nyaman dan air liur keluar dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, cuka biasanya dicampurkan kedalam makanan supaya rasanya bisa diterima oleh lidah.


Selain digunakan sebagai penguat rasa, cuka juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut ini merupakan beberapa manfaat cuka dalam dunia medis, yaitu :

1. Mengontrol gula darah

Berdasarkan studi terhadap manusia secara langsung, mengkonsumsi cuka dengan takaran tertentu ternyata dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, cuka juga dapat menstabilkan kadar insulin yang ada didalam darah. Dengan kadar gula darah dan kadar insulin yang terjaga, maka berbagai risiko masalah kesehatan pun dapat di minimalisir.

2. Menjaga berat badan

Mengkonsumsi makanan yang telah dicampur dengan cuka, dapat menimbulkan efek kenyak yang lebih lama. Hal ini tentunya membuat kalori yang masuk kedalam tubuh kita lebih sedikit dan tidak berlebihan. Cara ini hanya cocok bagi anda yang tahan terhadap asam. Jika anda sensitif terhadap asam, maka sebaiknya hindari cara ini.

3. Memiliki komponen anti mikroba


Cuka merupakan suatu produk dengan kandungan asam asetat yang tinggi. Asam asetat memiliki sifat anti virus, anti jamur, dan anti bakteri. Kutil yang ada pada tubuh juga dapat dihilangkan dengan cuka, karena kandungan asamnya yang sangat tinggi sehingga membunuh semua bakteri, virus, maupun jamur penyebab kutil.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search