Monday, October 28, 2019

Makanan Ampuh Untuk Melawan Peradangan

Makanan Ampuh Untuk Melawan Peradangan


Radang merupakan suatu respon protektif terhadap cedera atau kerusakan jaringan dengan cara menghancurkan, mengurangi, atau mengurung senyawa asing yang masuk kedalam tubuh, serta membuang sel dan jaringan nekrotik yang diakibatkan oleh kerusakan sel. Nama lain dari radang adalah inflamasi. Inflamasi sendiri berasal dari kata inflammare yang berarti membakar. Inflamasi merupakan respon protektif yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk mengembalikan jaringan seperti keadaan semula atau seperti ketika sebelum terjadinya cedera. Inflamasi atau peradangan bertujuan untuk melakukan penghancuran atau menetralisir berbagai agen berbahaya seperti bakteri, virus, suhu, dan sebagainya.

Berbagai penyakit seperti rematik, diabetes, asma dan penyakit jantung merupakan beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh adanya peradangan pada tubuh yang tidak disembuhkan. Kondisi ini biasanya muncul pada usia tua, seiring dengan semakin lemahnya sistem kekebalan tubuh. Tetapi, kondisi ini juga bisa disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan peradangan. Sistem kekebalan tubuh yang sehat, dapat mengenali dan melawan berbagai jenis bakteri, virus, maupun zat kimia yang masuk kedalam tubuh. Ketika tubuh kita terpapar zat asing tersebut, maka sistem imun kita akan merespon dengan menimbulkan peradangan. Jadi, bisa dikatakan bahwa peradangan merupakan bentuk perlawanan tubuh kita terhadap penyakit.

Tetapi, jika kondisi peradangan tidak segera ditangani dengan baik, lambat laun peradangan tersebut justru akan semakin parah dan bisa menyebabkan penyakit kronis. Kondisi ini pun akan semakin parah jika orang tersebut tetap mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan peradangan. Untuk mengatasi peradangan, dokter mungkin akan merekomendasikan anda untuk mengkonsumsi beberapa jenis obat - obatan. Tetapi, obat - obatan tersebut tentunya dapat menimbulkan efek samping. Sebagai alternatif, anda dapat melakukan diet anti radang untuk mencegah terjadinya peradangan.


Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang dapat melawan peradangan, yaitu :

1. Sayur dan buah

Tidak dapat dipungkiri, bahwa sayur dan buah merupakan sumber zat gizi terbaik. Selain mengandung vitamin dan mineral, beberapa jenis sayuran dan buah - buahan juga mengandung zat antioksidan yang sudah terkenal sebagai zat anti radang. Beberapa jneis sayuran dan buah - buahan yang dapat digunakan sebagai makanan diet anti radang yaitu brokoli, seledri, nanas, dan buah bit.

2. Ikan salmon

Ikan salmon juga dapat digunakan sebagai makanan anti radang. Hal ini dikarenakan ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang diketahui ampuh untuk mengurangi peradangan. Selain itu, daging ikan salmon juga sangat baik untuk meningkatkan kemampuan otak, baik untuk mempertajam daya ingat, maupun untuk meningkatkan konsentrasi.

3. Biji - bijian


Beberapa jenis biji - bijian seperti biji rami dan chia seed juga dapat diguankan sebagai makanan anti radang. Hal ini karena biji - bijian tersebut mengandung beberapa zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh dalam mengurangi peradangan seperti antioksidan, omega 3, omega 6, dan polifenol.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search