Friday, November 8, 2019

Doxapram : Obat Untuk Merangsang Dan Meningkatkan Pernapasan Setelah Operasi

Doxapram : Obat Untuk Merangsang Dan Meningkatkan Pernapasan Setelah Operasi


Pernapasan merupakan proses bergeraknya udara baik masuk maupun keluar dari paru - paru untuk melakukan pertukaran gas dari lingkungan luar tubuh, ke dalam internal tubuh. Pernapasan merupakan proses yang sangat penting bagi kelangsungan makhluk hidup. Oleh karena itu, organ pernapasan harus selalu dijaga kesehatannya. Masalah pernapasan dapat terjadi kapanpun dan dapat menyerang siapapun terutama bagi perokok aktif. Masalah pernapasan juga dapat terjadi ketika seseorang baru saja melakukan prosedur operasi. Dalam kondisi tersebut, keadaan organ pernapasan pasien masih lemah sehingga dibutuhkan obat perangsang untuk mengembalikan fungsi organ pernapasan seperti keadaan semual. Salah satu obat yang sering digunakan untuk membantu meningkatkan pernapasan pasien setelah operasi adalah doxapram.

Doxapram merupakan obat yang umum digunakan untuk merangsang atau meningkatkan pernapasan pasien setelah operasi atau pasien yang mengalami overdosis obat - obatan tertentu. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit paru - paru kronis yang berhubungan dengan kadar karbondioksida yang berlebihan didalam darah. Doxapram merupakan obat yang berjenis analpetik. Obat ini bekerja dengan cara merangsang pusat pernapasan otak dengan mengubah bahan kimia alami atau neurotransmitter di otak. Doxapram biasanya digunakan dengan cara disuntikkan kedalam tubuh oleh petugas kesehatan yang berpengalaman. Jangan gunakan obat ini jika mengalami perubahan warna atau mengalami kerusakan pada kemasan obat. Doxapram merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis doxapram untuk orang dewasa
  • Sulit bernapas pasca operasi : Dosis awal 0,5 - 1,5 mg/kg diberikan melalui infus selama 30 detik.
  • Gagal pernapasan akut : 1,5 - 4 mg/menit dengan infus.


Dosis doxapram untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis doxapram untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya bila digunakan untuk anak - anak.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, obat doxapram juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merakan efek samping dari penggunaan obat doxapram. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat doxapram, yaitu :
  • Hawa panas
  • Berkeringat
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Batuk
  • Sakit dada
  • Diare



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search