Friday, November 8, 2019

Ketahui Manfaat Tanaman Adas Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Tanaman Adas Bagi Kesehatan


Adas merupakan salah satu jenis rempah - rempah yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur oleh masyarakat Indonesia. Tanaman ini dapat hidup di dataran rendah hingga ketinggian 1.800 meter dari permukaan laut. Adas berasal dari daerah laut tengah timur (dari italia hingga suriah). Adas merupakan tanaman yang digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan pencernaan seperti sakit maag, perut kembung, kehilangan nafsu makan, dan kolik pada bayi. Tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengatasi infeksi saluran pernapasan atas, batuk, bronchitis, kolera, sakit punggung, dan sebagainya. Adas memiliki berbagai kandungan kimia yang tersebar di daun, bunga, dan buahnya. Secara keseluruhan, didalam tanaman adas terkandung 50 - 60% anetol, 20% fenkon, asam anisat, Vitamin B6, Vitamin C, dan Vitamin E. Karena kandungan anetol inilah yang membuat adas memiliki aroma yang khas dan mudah dikenali.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat tanaman adas bagi kesehatan yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Mengobati Anemia

Salah satu manfaat tanaman adas adalah dapat mengatasi anemia. Anemia merupakan suatu kondisi kesehatan dimana penderitanya mengalami kekurangan darah atau kekurangan zat besi. Kondisi ini membuat tubuh orang tersebut menjadi lemas, lemah, letih, lesu, dan tidak bersemangat. Tanaman adas diketahui dapat mengatasi masalah tersebut. Hal ini karena adanya kandungan zat besi dan histidin yang terkandung didalam adas dapat merangsang produksi hemoglobin dan juga membantu merangsang tubuh untuk memproduksi sel darah merah.

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Minyak yang terkandung didalam biji adas juga diketahui dapat mengatasi berbagai macam gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan seperti konstipasi dan sembelit. Selain bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, adas juga dapat mengurangi peradangan yang terjadi di lambung dan usus.

3. Menjaga Kadar Kolestrol

Tanaman adas memiliki kemampuan menjaga kadar kolestrol dalam darah. Jika anda rutin mengkonsumsi adas, maka kolestrol baik bisa ditingkatkan sekaligus menurunkan kadar kolestrol jahat. Dengan stabilnya kadar kolestrol, maka dapat mengurangi risiko anda terserang berbagai penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung.

4. Mengobati diare

Kandungan minyak esensial yang ada didalam tanaman adas bisa dimanfaatkan untuk mengatasi diare. Penyakit diare sendiri disebabkan karena adanya infeksi bakteri yang terjadi didalam perut. Proses penyembuhan infeksi bakteri dan pengeluaran racun ini dapat dibantu dengan minyak esensial yang ada didalam tanaman adas.

5. Meningkatkan sistem kekebalan


Tanaman adas juga diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C yang ada pada tanaman adas. Seperti yang kita ketahui, vitamin C memiliki manfaat yaitu dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh lebih tahan terhadap serangan penyakit.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search