Friday, November 8, 2019

Ketahui Jenis Perawatan Untuk Mengatasi Luka Bopeng Bekas Jerawat

Ketahui Jenis Perawatan Untuk Mengatasi Luka Bopeng Bekas Jerawat


Meskipun jerawat telah hilang, tampaknya bekas jerawat atau yang biasa kita sebut dengan bopeng menjadi masalah tersendiri yang dapat mengganggu penampilan. Bopeng sendiri merupakan bentuk lubang - lubang atau lekuk - lekuk yang terjadi pada kulit akibat jerawat yang dipencet, digaruk, maupun efek samping dari suntik jerawat. Bopeng terjadi ketika kelenjar minyak yang ada didalam lapisan kulit pecah dan menimbulkan luka yang biasa kita kenal sebagai jaringan parut. Jaringan parut ini menarik kulit lapisan atas sehingga menimbulkan bekas cekung seperti berlubang. Luka berlubang atau bopeng juga disebut sebagai bekas luka atrofi. Pada jenis luka ini, kandungan kolagen yang tersedia secara alami didalam tubuh sangat kurang untuk proses penyembuhannya, sehingga diperlukan kolagen tambahan untuk memperbaiki kulit yang bopeng.


Berikut ini merupakan beberapa perawatan wajah yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kulit yang mengalami bopeng, yaitu :

1. Chemical peeling

Chemical peeling merupakan perawatan kulit yang dilakukan dengan cara menghilangkan lapisan luar kulit dan membantu sel - sel baru untuk beregenerasi. Perawatan ini sebenarnya tidak benar - benar dapat menghapus bopeng diwajah. Chemical peeling lebih bertujuan untuk membuat pengelupasan kulit pada bekas luka yang tidak dalam. Perawatan chemical peeling ini bisa dilakukan menggunakan cairan khusus wajah yang mengandung :
  • Asam glikolat
  • Asam piruvat
  • Asam salisilat
  • Asam trikloroasetat

2. Penggunaan krim wajah

Berbagai jenis krim yang biasa digunakan untuk menyembuhkan luka diwajah juga seringkali digunakan untuk menghilangkan bopeng. Tetapi, penggunaan krim ini untuk menghilangkan bopeng memerlukan waktu hingga berbulan - bulan bahkan bertahun - tahun. Beberapa masker wajah juga ada yang mengandung bahan seperti yang ada dalam krim wajah, tetapi kekuatan obat dalam masker biasanya hanya berkekuatan rendah sehingga membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

3. Dermabrasi

Salah satu metode yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan luka bopeng adalah dermabrasi. Metode dermabrasi bisa membuat kulit kembali rata tanpa menggunakan bahan kimia. Proses dermabrasi dapat menghilangkan lapisan kulit yang bopeng baik pada bagian kulit terluar, maupun pada bagian tengahnya. Dermabrasi dilakukan dengan bius lokal atau umum, tergantung dari ukuran bopeng yang memerlukan perawatan. Dermabrasi hanya boleh dilakukan oleh dokter yang ahli dalam bidangnya. Hal ini karena jika metode dermabrasi dilakukan dengan cara yang kurang tepat, justru dapat meningkatkan risiko  timbulnya bekas luka baru yang membesar dan menyebabkan infeksi kulit.

4. Laser fraksional

Perawatan dengan metode laser fraksional bertujuan untuk merangsang proses regenerasi pada bekas luka yang menjadi bopeng. Sinar laser akan diarahkan ke jaringan parut dari bagian bekas luka yang menjadi bopeng. Laser ini akan membakar lapisan luar kulit yang bopeng serta menstimulasi pertumbuhan sel kulit baru.

5. Microneedling


Microneedling merupakan salah satu metode yang juga dapat digunakan untuk mengatasi bopeng pada wajah. Microneedling sendiri merupakan terapi yang bertujuan untuk menghasilkan kolagen lebih banyak pada bagian bekas luka yang menjadi bopeng menggunakan jarum - jarum kecil. Prinsip dari perawatan ini adalah ketika bagian kulit yang ditusuk sudah sembuh, kulit akan menghasilkan lebih banyak kolagen untuk mengisi bekas jerawat yang menjadi bopeng sehingga luka bopeng menjadi lebih tersamarkan. Perawatan ini perlu diulang setiap beberapa minggu. Hasil dari perawatan ini baru akan terlihat secara signifikan dalam waktu 9 bulan setelah melakukan perawatan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search