Friday, November 8, 2019

Ketahui Dampak Negatif Suntik Jerawat

Ketahui Dampak Negatif Suntik Jerawat


Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang cukup menjadi perhatian. Meskipun tidak berbahaya, jerawat dapat merusak penampilan, apalagi jika muncul dalam jumlah banyak. Dari sudut pandang medis, jerawat merupakan suatu keadaan ketika pori - pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah serta peradangan pada kulit. Jerawat merupakan penyakit kulit yang tidak menular. Jerawat dapat muncul dalam kondisi ringan hingga parah seperti jerawat batu dan jerawat kista. Kondisi ini dapat diatasi dengan beberapa macam perawatan. Salah satu perawatan populer dan instan untuk mengatasi jerawat adalah dengan melakukan suntik jerawat. Suntik jerawat sendiri merupakan suatu perawatan yang dilakukan dengan cara melakukan penyuntikkan steroid pada jerawat yang parah seperti jerawat batu dan jerawat kista. Prosedur ini tidak direkomendasikan untuk mengobati jerawat ringan.

Prosedur suntik jerawat termasuk prosedur perawatan yang cukup aman dilakukan, jika dilakukan oleh professional kecantikan. Tetapi, jika prosedur suntik jerawat dilakukan secara sembarangan, justru dapat menimbulkan masalah lain dikemudian hari seperti munculnya bopeng. Suntik jerawat atau suntik kortikosteroid sebenarnya digunakan untuk mengobati benjolan besar pada kulit. Suntikan ini juga dapat meratakan benjolan pada kulit dalam waktu 48 - 72 jam. Meskipun tidak sepenuhnya hilang, jerawat yang membengkak dapat menyusut, serta rasa sakit dan kemerahannya pun dapat berkurang. Hasil dari prosedur ini mungkin cukup memuaskan bagi sebagian orang. Tetapi, suntik jerawat tidak bisa dilakukan sesuka hati anda. Hal ini karena jika anda terlalu sering melakukan suntik jerawat, justru dapat menyebabkan rusaknya jaringan kulit.

Rusaknya jaringan kulit akibat suntik jerawat ini dapat terjadi karena berlebihnya zat kortikosteroid yang masuk kedalam kulit. Hal ini membuat area kulit yang dilakukan penyuntikkan mendapatkan tekanan berlebih sehingga kulit menjadi berlubang atau bopeng. Sebenarnya, kondisi bopeng dapat pulih dengan sendirinya, tetapi memerlukan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 6 bulan setelah suntikkan terakhir. Selain bopeng, terlalu sering melakukan suntik jerawat juga dapat menimbulkan perubahan warna kulit seperti timbulnya bercak putih atau hipopigmentasi. Hal ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki kulit gelap. Sama seperti kondisi bopeng, hipopigmentasi juga dapat menghilang dengan sendirinya meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sebenarnya, suntik jerawat tidak berbahaya jika dilakukan seperlunya saja. Supaya tidak terlalu sering melakukan suntik jerawat.


Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini sebelum memutuskan utnuk melakukan suntik jerawat, yaitu :
  • Jerawat meradang selama berbulan - bulan dan sangat sulit diobati.
  • Jerawat berukuran cukup besar, bengkak, dan menyakitkan.
  • Akan menghadiri acara penting dalam waktu dekat sehingga membutuhkan suntik jerawat untuk memperbaiki penampilan.
  • Jangan lupa untuk melakukan pencatatan tentang  kapan saja anda melakukan suntik jerawat dan kapan terakhir kali anda melakukan suntik jerawat.

Kini, anda sudah mengetahui bahwa terlalu sering melakukan suntik jerawat dapat menimbulkan dampak negatif pada kulit anda.


Oleh Karena itu, anda perlu mengetahui anjuran dokter dalam mengatasi kulit yang berjerawat, yaitu :
  • Hindari menyentuh wajah dengan tangan. Selain memencet jerawat, menyentuh jerawat dengan tangan yang tidak bersih juga dapat memperparah kondisi jerawat.
  • Redakan rasa sakit yang timbul akibat jerawat dengan es batu. Suhu dingin es dapat membantu mengurangi rasa nyeri sekaligus pembengkakan pada jerawat.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search