Friday, November 8, 2019

Dronedarone : Obat Untuk Mengatasi Kelainan Detak Jantung

Dronedarone : Obat Untuk Mengatasi Kelainan Detak Jantung


Belum banyak orang yang mengetahui perihal kondisi kelainan detak jantung. Padahal, kondisi ini merupakan salah satu risiko yang dapat membuat seseorang terserang stroke. Penyakit kelainan detak jantung memiliki istilah medis yaitu atrial fibrilasi. Atrial fibrilasi sendiri merupakan suatu kondisi dimana denyut jantung berdetak tidak beraturan dan seringkali cepat. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko seseorang terkena stroke, serangan jantung, dan berbagai masalah jantung lainnya. Pada orang normal, umuumnya jantung berdenyut sekitar 60 - 100 kali per menit ketiak anda sedang beristirahat. Tetapi, pada orang yang mengalami atrial fibrilasi, jantung berdenyut secara tidak teratur bahkan cenderung berdetak dengan cepat hingga lebih dari 100 kali dalam 1 menit. Meskipun kondisi ini tidak mengancam nyawa, namun antrial fibrilasi termasuk kondisi serius yang harus segera ditangani karena dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit jantung lainnya yang lebih berbahaya.

Salah satu obat yang dapat digunakan untuk mengatasi kondisi atrial fibrilasi adalah dronedarone. Dronedarone merupakan obat yang sering digunakan oleh orang - orang yang memiliki riwayat detak jantung yang tidak teratur seperti paroxysmal dan fibrilasi atrium persisten. Obat ini dapat membantu untuk mengurangi risiko fibrilasi atrium. Dronedarone juga dikenal sebagai antiaritmia. Obat ini tidak boleh digunakan oleh para penderita fibrilasi atrium permanen karena memiliki risiko efek samping yang serius. Obat ini harus digunakan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hindari mengkonsumsi buah anggur baik dalam bentuk segar maupun dalam bentuk jus saat menggunakan obat ini kecuali atas petunjuk dari dokter. Dronedarone merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan meletakkannya pada tempat yang lembab.


Dosis dronedarone untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk atrial fibrilasi :
  • 400 mg diminum 2 kali sehari setiap selesai makan.

Dosis dewasa utnuk atrial flutter :
  • 400 mg diminum 2 kali sehari setiap selesai makan.


Dosis dronedarone untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis dronedarone yang pas untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak - anak.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, obat dronedarone juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping akibat penggunaan obat dronedarone. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat dronedarone, yaitu :
  • Nyeri perut ringan, diare, dan sakit perut.
  • Merasa lemah atau lelah.
  • Mengalami ruam kulit ringan atau kemerahan.
  • Denyut jantung melambat.
  • Masalah pernapasan saat berbaring untuk tidur.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search