Friday, November 8, 2019

Tips Mengatasi Tukak Lambung Secara Alami

Tips Mengatasi Tukak Lambung Secara Alami


Tahukah anda apa itu tukak lambung ? Mungkin anda lebih sering mendengar penyakit maag dibandingkan dengan tukak lambung. Padahal, tukak lambung dan penyakit maag merupakan kondisi kesehatan yang tidak terlalu berbeda gejalanya. Tukak lambung sendiri merupakan kondisi peradangan yang disebabkan oleh luka yang ada pada dinding lambung. Kondisi ini terjadi ketika ketika dinding lambung dan usus halus tekikis lalu terluka, sehingga mengenai jaringan yang lebih dalam.


Tukak lambung dapat memunculkan beberapa gejala kesehatan seperti :
  • Perut terasa sakit ketika lapar.
  • Perut terasa sakit di malam hari.
  • Rasa sakit baru hilang jika perut sudah terisi makanan atau ketika mengkonsumsi anti biotik.
  • Rasa sakit bisa berlangsung selama beberapa menit sampai beberapa jam.

Tukak lambung dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi obat antasida atau yang lebih kita kenal sebagai obat maag. Obat - obatan tersebut dapat bekerja secara langsung untuk menetralkan asam lambung dan melindungi dinding lambung agar kondisi tukak tidak semakin parah. Tetapi, anda juga disarankan untuk melakukan beberapa perawatan rumahan untuk meredakan berbagai gejala yang kambuh.


Berikut ini merupakan perawatan rumahan yang dapat anda lakukan untuk mengatasi penyakit tukak lambung secara alami, yaitu :

1. Mengkonsumsi makanan tinggi probiotik

Salah satu hal yang dapat menyebabkan tukak lambung adalah infeksi bakteri H. pylori yang menyerang lambung. Infeksi ini dapat membuat berkurangnya bakteri baik dalam sistem pencernaan sehingga organ pencernaan menjadi rentan mengalami tukak atau luka. Untuk mengatasinya, anda dapat meningkatkan konsumsi makanan yang kaya akan kandungan probiotik seperti yoghurt, tempe, dan kefir.

2. Mengkonsumsi makanan tinggi flavonoid

Flavonioid merupakan salah satu jenis antioksidan yang berfungsi untuk melindungi pencernaan, khususnya organ lambung dari infeksi. Flavonoid juga diyakini dapat menjadi obat untuk mengatasi kondisi tukak lambung. Untuk mendapatkan manfaat dari flavonoid, anda harus banyak mengkonsumsi kacang kedelai, brokoli, apel dan teh hijau, karena makanan - makanan tersebut diyakini kaya akan kandungan flavonoid.

3. Mengkonsumsi makanan berserat tinggi

Menurut penelitian yang dilakukan oleh linus pauling institute, Makanan berserat diketahui dapat membantu menyembuhkan tukak lambung. Hal ini dikarenakan serat diketahui dapat menurunkan jumlah asam di lambung, sehingga dapat meredakan gejala kembung dan nyeri. Selain itu, makanan berserat seperti apel, oatmeal, buah pear, dan biji - bijian, juga dapat mengurangi durasi makanan yang mengendap diusus, sehingga makanan tersebut dapat dengan mudah dikeluarkan dalam bentuk feses.

4. Batasi mengkonsumsi susu

Susu sangat tidak disarankan dikonsumsi oleh para penderita sakit lambung. Hal ini karena susu dapat memeperbanyak produksi asam yang dapat mengiritasi dinding lambung. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengkonsumsi susu selama anda mengalami masalah asam lambung.





Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search