Friday, November 8, 2019

Ketahui Efek samping Diet Keto

Ketahui Efek samping Diet Keto


Berat badan yang tidak stabil menjadi masalah tersendiri bagi setiap orang, terutama bagi orang - orang yang mengandalkan bentuk tubuh ideal sebagai pekerjaannya seperti model, bintang film, atlet, dan sebagainya. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, sebagian orang menerapkan metode diet untuk mencapainya. Sebelum kita bahas lebih jauh, tahukah anda apa yang dimaksud dengan diet ? Diet merupakan sebuah metode yang mengatur asupan makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh untuk mencapai atau menjaga berat badan supaya tetap terkontrol dan terkendali. Diet biasanya dilakukan oleh orang - orang yang menjadikan bentuk tubuh ideal sebagai pekerjaannya seperti bintang film, model, atau atlet. Tetapi, diet juga sering dilakukan oleh orang - orang yang mengidap suatu penyakit tertentu seperti penderita diabetes, asam urat, darah tinggi, ginjal, jantung, dan sebagainya.

Ketika anda memutuskan untuk melakukan program diet, anda harus menemukan program diet yang tepat dan cocok dengan kondisi anda. Salah satu metode diet yang dapat anda coba adalah diet ketogenik atau yang lebih dikenal dengan diet keto. Diet keto adalah program diet yang menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Apabila konsumsi lemak anda sehari - hari sekitar 20 - 30%, maka dalam diet keto, konsumsi lemak anda harus ditingkatkan menjadi 60 - 70%. Diet keto pertama kali dikenalkan oleh dr. Gianfranco capello, seorang professor dari universitas sapienza di italia. Dalam penelitiannya, sebanyak lebih dari 19.000 orang peserta diet keto mengalami penurunan berat badan yang cepat dengan efek samping minimal. Selain itu, mayoritas peserta juga tidak mengalami kenaikan berat badan yang signifikan setelah satu tahun menjalani diet keto.

Beberapa pihak mendukung metode diet ini dan mengatakan bahwa diet keto merupakan metode terbaik untuk menurunkan berat badan dalam waktu cepat. Tetapi, ada pula pihak yang menentang metode diet ini dengan mengatakan bahwa metode ini merupakan cara yang tidak sehat untuk menurunkan berat badan. Salah satu ahli nutrisi yang kurang setuju dengan metode diet keto adalah lisa cimperman dari Cleveland. Beliau menjelaskan bahwa berat badan yang berkurang ketika seseorang menjalani program diet ketogenik adalah berat air dalam tubuh. Ketika tubuh masuk kedalam keadaan ketosis, seseorang akan segera kehilangan massa otot dan menjadi sangat kelelahan. Dengan kata lain, pada fase ini seseorang akan masuk pada fase kelaparan. Dan ketika seseorang berada dalam fase kelaparan, maka orang tersebut cenderung akan lebih sulit kehilangan berat badan.

Menurut john riopelle, seorang ahli gastroenterology di Colorado menyebutkan bahwa diet keto yang tinggi lemak tetapi minim karbohidrat dapat berisiko menimbulkan masalah pencernaan. Hal ini karena sumber makanan yang dianjurkan dalam diet keto umumnya merupakan makanan yang rendah serat. Padahal, justru jenis makanan yang mengandung serat lah yang paling dibutuhkan tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan. Hal ini membuat beberapa orang yang menjalani diet keto mengalami beberapa efek samping berupa mual, kelelahan, sakit kepala, diare, dan berbagai keluhan lainnya. Meskipun gejala ini biasanya akan sembuh dalam beberapa hari, tetapi sebagian orang  merasa bahwa gejala yang mereka alami justru semakin parah.


Untuk mengatasi kondisi ini, maka orang - orang yang menjalani diet keto harus memperbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat seperti buah - buahan, sayur - sayuran, biji - bijian, dan lain sebagainya. Selain itu, anda juga harus menghindari konsumsi susu untuk sementara waktu, karena dikhawatirkan dapat memperburuk masalah pencernaan anda. Penggunaan obat anti diare dan konstipasi mungkin dapat membantu mengobati masalah pencernaan anda untuk sementara, tetapi obat ini tidak boleh digunakan dalam jangka panjang. Jika kondisi anda justru semakin parah, Sebaiknya anda segera menghentikan program diet keto dan kembali pada pola makan normal anda. Hal ini karena setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda serta kemampuan organ tubuh yang berbeda - beda pula.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search