Friday, November 8, 2019

Ketahui Diet Tepat Untuk Membentuk Otot Tubuh

Ketahui Diet Tepat Untuk Membentuk Otot Tubuh


Memiliki tubuh ideal dengan otot - otot yang terlihat jelas merupakan dambaan bagi tiap pria. Dengan memiliki bentuk tubuh yang tegap dan berotot, tentunya dapat meningkatkan kepercayaan diri seorang pria terutama ketika sedang berhadapan dengan lawan jenis. Tetapi, banyak pria yang mengurungkan niatnya untuk membangun otot dikarenakan sulitnya proses pembentukan otot yang membutuhkan ketekunan serta disiplin. Memang, disiplin merupakan modal dasar dan yang paling utama jika ingin membentuk otot. Karena jika anda tidak disiplin, maka rencana anda untuk membentuk otot akan sia - sia. Selain disiplin, anda juga harus tekun dalam melatih otot - otot anda. Jangan mudah bosan dan terus lampaui capaian repetisi anda setiap harinya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa jenis diet yang dapat membantu anda untuk membentuk otot - otot tubuh.

Sebelum memulai pembahasan mengenai diet untuk membangun otot, ada baiknya anda harus mengenali otot anda beserta karakteristiknya. Otot merupakan bagian dari jaringan lunak tubuh manusia yang memiliki fungsi sebagai penggerak aktif tulang dan tempat menyimpan cadangan energi tubuh. Tubuh manusia tersusun atas 650 lebih jaringan otot. Bahkan untuk kategori normal, setengah dari berat badan manusia merupakan massa otot. Ketika tubuh kita bergerak, otot yang bekerja tidak hanya satu jenis otot saja, tetapi berbagai jneis otot lainnya pun ikut bergerak. Gabungan dari berbagai gerakan otot inilah yang akhirnya dapat menggerakkan tulang. Ketika berkontraksi, otot manusia akan memendek, mengeras dan akan membesar pada bagian tengahnya.

Otot baru akan terbentuk ketika kita telah melakukan aktivitas fisik yang cukup berat, seperti latihan ketahanan atau latihan angkat beban. Ketika melakukan hal tersebut, otot akan mengalami kerusakan mikroskopis sehingga memicu tubuh untuk membangun jaringan baru dilokasi otot yang mengalami kerusakan. Namun, hal yang perlu diingat adalah penambahan massa otot baru akan terjadi jika sintesa protein lebih besar dari penguraian otot. Dengan kata lain, jika anda menginginkan bentuk otot yang lebih besar, maka anda juga harus mendapatkan asupan protein yang banyak pula. Sedangkan jika anda terus melakukan latihan ketahanan atau angkat beban, tetapi tidak ada asupan protein yang masuk kedalam tubuh, justru otot anda yang akan diubah menjadi energi dan otot anda pun tidak akan mengalami perkembangan.

Oleh karena itu, selain olahraga, anda juga perlu melakukan beberapa jenis diet untuk membantu proses pembentukan otot anda.


Berikut ini merupakan beberapa jenis diet yang dapat anda lakukan untuk mempercepat proses pembentukan otot, yaitu :

1. Diet tinggi protein

Protein merupakan hal yang paling dibutuhkan untuk perkembangan otot. Mengacu pada studi yang diterbitkan dalam journal of the international society of sports nutrition, anda memerlukan sebanyak 1,6 gram protein per hari untuk bisa menambah massa otot. Untuk melakukan diet tinggi protein, anda dapat mengikuti contoh menu diet dibawah ini :
  • Sarapan : 3 butir telur, 1 lembar roti gandum panggang dan 1 buah pir.
  • Makan siang : 1 potong ikan salmon berukuran sedang, sayuran campur, dan 1 buah apel.
  • Makan malam : 1 potong daging sapi ukuran sedang, ubi rebus, nasi merah.

2. Diet paleo

Diet paleo merupakan jenis diet yang meniru pola makan orang - orang yang hidup pada zaman paleolitikum. Makanan yang dikonsumsi dalam diet ini meliputi daging, ikan, buah, sayuran, dan beberapa jenis kacang - kacangan yang dahulu atau ketika zaman paleolitikum diperoleh dengan cara mencari dialam bebas dan berburu. Diet paleo pantang terhadap makanan modern seperti makanan olahan, serta bahan pangan yang diproduksi dari pertanian dan peternakan. Dalam diet ini, anda juga perlu membatasi konsumsi garam, gula pasir, susu, gandum, dan beberapa jenis minyak nabati. Berikut ini merupakan contoh menu diet paleo yang dapat anda coba dirumah, yaitu :
  • Sarapan : 2 butir telur dan salad, dan 1 potong buah favorit anda.
  • Makan siang : Sandwich isi daging dan sayuran, dan segenggam kacang campur.
  • Makan malam : tumis daging sapi, ubi panggang, dan buah - buahan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search