Friday, November 8, 2019

Glibenclamide : Obat Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Glibenclamide : Obat Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah


Jika membahas tentang gula darah, maka pikiran kita pasti akan tertuju pada penyakit diabetes. Gula darah memang sangat erat kaitannya dengan penyakit diabetes. Gula darah sendiri merupakan istilah yang digunakan dalam ilmu kedokteran yang mengacu pada tingkat glukosa di dalam darah. Konsentrasi gula darah atau tingkat glukosa serum diatur dengan ketat didalam tubuh. Glukosa yang dialirkan melalui darah adalah sumber utama energi untuk sel - sel tubuh. Diabetes mellitus adalah penyakit yang paling menonjol yang disebabkan oleh gagalnya pengaturan gula darah. Selain diabetes mellitus, ada pula kondisi hipoglikemia yang disebabkan level gula darah yang menurun terlalu rendah. Lalu, ada juga kondisi hiperglikemia yang disebabkan karena level gula darah naik terlalu tinggi.

Jika gula darah tidak dikendalikan, maka tentunya akan memperbesar risiko seseorang terserang penyakit diabetes mellitus. Oleh karena itu, diperlukan perawatan dan obat - obatan yang tepat untuk mengatasi kondisi ini. Salah satu obat yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah adalah glibenclamide. Glibenclamide merupakan obat yang termasuk kedalam jenis obat antidiabetes sulfonylurea. Obat ini memiliki manfaat yaitu dapat menurunkan kadar gula darah dengan cara meningkatkan produksi insulin alami didalam tubuh melalui pankreas. Glibenclamide umum digunakan oleh para penderita diabetes tipe 2. Selain dengan bantuan obat - obatan, perawatan terhadap pasien diabetes termasuk dengan kegiatan berolahraga dan pola makan yang sehat.

Gunakan glibenclamide sesuai dengan arahan atau petunjuk dari dokter. Jangan coba - coba untuk mengganti dosis tanpa persetujuan dari dokter anda. Obat ini sebaiknya dkonsumsi ketika sarapan sebanyak satu kali sehari. Dosis glibenclamide diberikan berdasarkan kondisi kesehatan pasien dan respon pasien terhadap pengobatan yang dilakukan. Untuk mengurangi risiko terjadinya efek samping, dokter mungkin akan memulainya dengan dosis rendah terlebih dahulu, lalu kemudian ditingkatkan perlahan - lahan jika sudah terbiasa. Glibenclamide merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sianr matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis glibenclamide untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk diabetes tipe 2 :
  • Dosis awal : 2,5 mg atau 1,5 mg secara oral sekali sehari pada pagi hari berbarengan dengan sarapan.
  • Dosis perawatan : 1,25 - 20 mg atau 0,75 - 12 mg secara oral dalam 1 atau 2 dosis terbagi.
  • Dosis maksimum : 20 mg/hari atau 12 mg/hari.


Dosis glibenclamide untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis glibenclamide untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak - anak.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, glibenclamide juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek smaping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat glibenclamide, yaitu :
  • Mual ringan, heart burn, dada terasa sesak.
  • Nyeri sendi atau otot.
  • Penglihatan kabur.
  • Ruam kulit ringan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search