Friday, November 8, 2019

Ketahui Makanan Sehat Untuk Mencegah Pengeroposan Tulang

Ketahui Makanan Sehat Untuk Mencegah Pengeroposan Tulang


Pengeroposan tulang menjadi masalah tersendiri bagi orang - orang yang berusia diatas 40 tahun. Kondisi tulang keropos atau yang lebih dikenal dengan osteoporosis merupakan sebuah kondisi ketika tubuh kehilangan banyak jaringan tulang, sehingga tulang menjadi rapuh dan keropos. Ketika tulang tersebut diletakkan dibawah mikroskop, tulang terlihat tidak jauh berbeda dengan sarang lebah, namun dengan ukuran lubang dan jarak yang lebih kecil. Kondisi ini terjadi ketika tulang kehilangan mineral berharga yaitu kalsium, lebih cepat daripada kemampuan tubuh menggantikannya sehingga massa tulang menjadi berkurang dan tulang menjadi mudah patah. Bahkan, pada kondisi yang lebih serius, tulang bisa menjadi sangat rapuh, dan dapat patah dengan mudah hanya karena benturan ringan.

Untuk mengatasi penyakit osteoporosis, tidak bisa secara instan. Bahkan pengobatan yang dilakukan hanya sekedar mengganti tulang atau sendi yang patah dengan tulang atau sendi buatan. Sebaiknya, mulai dari usia muda, kita harus berupaya untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah osteoporosis adalah dengan mengkonsumsi makanan - makanan sehat yang mengadung kalsium dalam jumlah tinggi.



Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang harus anda konsumsi jika ingin terhindar dari penyakit osteoporosis, yaitu :

1. Sayuran berdaun hijau dan berwarna gelap

Salah satu makanan sehat yang dapat menjadi sumber kalsium adalah sayuran hijau yang berwarna gelap. Sayuran jenis ini mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang bermanfaat serta dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis. Beberapa contoh sayuran hijau yang berwarna gelap diantaranya brokoli, bayam, sawi hijau, kale, dan bokchoy. Didalam sayuran - sayuran tersebut terkandung berbagai zat gizi yang sangat bermanfaat seperti vitamin A,C,K, asam folat, zat besi, serta kalsium dalam jumlah yang cukup melimpah. Tubuh memerlukan kalsium untuk membangun dan memelihara kekuatan tulang. Sedangkan vitamin K juga bagus untuk membantu mengurangi risiko dan keparahan osteoporosis.

2. Susu dan Olahannya

Susu diketahui memiliki kandungan vitamin D dan kalsium yang cukup tinggi. Hal tersebut juga berlaku pada produk olahan susu seperti keju dan yoghurt. Kalsium dan vitamin D merupakan nutrisi yang sama - sama membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium bertugas untuk menjaga tulang supaya tetap kuat, sedangkan vitamin D bertugas untuk menjaga kadar kalsium dan fospor dalam darah agar tetap berada dalam batas normal.

3. Makanan yang kaya akan protein


Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga jaringan tubuh tetap sehat, termasuk jaringan otot. Dengan jaringan otot yang kuat, maka tulang memiliki penyangga yang kokoh. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu mencukupi kebutuhan protein harian anda. Protein sendiri dapat diperoleh dari beberapa sumber, yaitu Daging sapi, daging unggas, Ikan, telur, kacang - kacangan, dan produk kedelai seperti tahu dan tempe.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search