Friday, November 8, 2019

Daptomycin : Obat Untuk Mengobati Infeksi Bakteri Serius

Daptomycin : Obat Untuk Mengobati Infeksi Bakteri Serius


Kalian mungkin sudah sering mendengar kata infeksi. Infeksi yang kita kenal umumnya terbagi menjadi 2 yaitu infeksi di bidang kesehatan dan infeksi dibidang teknologi. Infeksi dibidang teknologi biasanya berupa infeksi virus komputer yang sangat mengancam keamanan data - data user. Sedangkan infeksi dibidang kesehatan berupa penyakit yang disebabkan oleh berbagai hal seperti bakteri, virus, parasit, jamur, dan sebagainya.  Penyakit infeksi sendiri memiliki arti yaitu serangan dan peningkatan yang sangat cepat dari mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan parasit yang seharusnya tidak berada didalam tubuh. Infeksi dapat bersifat lokal atau hanya menyerang pada salah satu bagian tubuh, tetapi dapat pula bersifat global yang berarti menyebar keseluruh tubuh melalui aliran darah.

Penyakit infeksi sendiri dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti bakteri, virus, parasit, jamur, dan sebagainya. Tetapi, pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas cara mengobati infeksi akibat bakteri saja. Infeksi akibat bakteri bisa bersifat ringan sampai bersifat serius. Infeksi yang bersifat ringan biasanya dapat sembuh dengan sendirinya hanya dengan beristirahat dan mengkonsumsi obat warung. Sedangkan infeksi yang bersifat serius memerlukan penanganan lebih lanjut dari tenaga medis. Salah satu obat yang sering digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri serius adalah daptomycin. Daptomycin merupakan obat yang termasuk kedalam golongan antibiotic yang sering digunakan untuk mengobati infeksi bakteri serius. Obat ini bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri.

Daptomycin termasuk kedalam golongan antibiotic lipopeptide. Obat ini tidak boleh digunakan untuk mengobati pasien yang mengalami penyakit pneumonia. Jika tetap digunakan untuk mengobati pneumonia, maka besar kemungkinan pasien akan mengalami efek samping yang serius terutama masalah jantung dan masalah pernapasan. Obat ini diberikan melalui suntikan kedalam pembuluh darah anda oleh tim dokter, biasanya sekali dalam sehari. Antibiotik bekerja dengan baik ketika jumlah obat dalam tubuh anda berada pada tingkat yang konstan. Oleh karena itu, gunakanlah obat ini secara teratur. Daptomycin merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis daptomycin untuk orang dewasa
  • Untuk mengatasi infeksi kulit dan infeksi jaringan kulit : 4 mg/kg melalui infus dalam 30 menit setiap 24 jam selama 7 sampai 14 hari.
  • Untuk mengatasi bakteremia staphylococcus aureus : 6 mg/kg melalui infus dalam 30 menit setiap 24 jam selama 2 - 6 minggu.


Dosis daptomycin untuk anak - anak
  • Hingga saat ini, belum ditemukan dosis daptomycin yang pas untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika digunakan untuk anak - anak.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, daptomycin juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek dari penggunaan obat daptomycin. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan daptomycin, yaitu :
  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Sembelit
  • Sakit kepala
  • Nyeri badan
  • Insomsia 
  • Ruam kulit
  • Keringat berlebih




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search