Thursday, November 28, 2019

Ketahui Efek Samping Obat Antidepresan Pada Tekanan Darah

Ketahui Efek Samping Obat Antidepresan Pada Tekanan Darah


Obat antidepresan merupakan golongan obat yang digunakan untuk mengatasi depresi. Obat antidepresan bekerja dengan cara meningkatkan kadar neurotransmitter di otak. Obat ini digunakan untuk mengatasi depresi, dan juga beberapa kondisi lainnya.


Kondisi yang paling umum diperbolehkan menggunakan obat antidepresan diantaranya :
  • Depresi dan gangguan depresi berat
  • Obesif kompulsif disorder
  • Posttraumatic stress disorder
  • Gangguan kecemasan sosial
  • Gangguan kecemasan umum
  • Gangguan bipolar
  • Kebiasaan mengompol

Obat antidepresan juga sering digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan yang tidak terkait dengan gejala depresi, seperti mengatasi insomnia, migraine, dan sebagai obat nyeri. Obat antidepresan mungkin membutuhkan waktu beberapa minggu untuk mengetahui apakah obat tersebut bekerja atau tidak. Sebagian orang mungkin baru dapat melihat efektivitas obat ini setelah penggunaan selama 1 bulan hingga 2 bulan. Lamanya pengobatan menggunakan obat antidepresan sangat bergantung pada kemajuan pasien. Beberapa orang mungkin harus menggunakannya selama beberapa tahun untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Secara umum, obat antidepresan sebenarnya aman dikonsumsi selama anda mengikuti saran dan dosis yang diberikan. Tetapi, anda perlu berhati - hati terhadap efek samping yang mungkin terjadi akibat pengunaan obat antidepresan. Obat antidepresan dapat merubah respon tubuh anda terhadap bahan kimia di otak, termasuk serotonin, norepinefrin, dan dopamine yang juga dapat meningkatkan tekanan darah anda. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh VU University Medical Center di Amsterdam, depresi sebenarnya tidak meningkatkan tekanan darah. Tetapi, obat yang digunakan untuk mengobati depresi-lah yang justru dapat meningkatkan tekanan darah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebenarnya depresi berkaitan dengan tekanan darah rendah. Tetapi, ketika seseorang mengkonsumsi obat antidepresan jenis tertentu, seperti trisiklik dan serotonin, Efek samping antidepresan jenis ini lebih rentan dialami oleh pasien yang sebelumnya memiliki riwayat penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan orang yang berisiko mengalami hipertensi.


Beberapa jenis obat anti depresan yang diketahui dapat meningkatkan tekanan darah diantaranya :
  • Venlafaxine
  • Bupropion
  • Desipramine


Terlalu dini untuk mengatakan bahwa penggunaan obat antidepresan pasti menyebabkan tekanan darah tinggi. Meskipun demikian, anda disarankan untuk selalu mengecek tekanan darah anda sebelum mengkonsumsi obat antidepresan. Secara umum, ketika anda diresepkan oleh dokter anda untuk mengkonsumsi obat antidepresan, dokter biasanya akan memantau tekanan darah anda terlebih dahulu. Jika hasil dari pemeriksaan terbut menunjukkan bahwa anda memiliki tekanan darah yang tinggi, dokter biasanya akan mempertimbangkan resep obat antidepresan lain yang lebih aman. Dokter juga akan merekomendasikan perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan untuk mempercepat proses penyembuhan kondisi anda.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search