Friday, November 8, 2019

Ketahui Manfaat Jambu Biji Untuk Ibu Hamil

Ketahui Manfaat Jambu Biji Untuk Ibu Hamil


Semua orang pasti sudah mengenal buah yang satu ini. Jambu biji merupakan buah yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Jambu biji sendiri merupakan tanaman tropis yang berasal dari Negara brazil dan disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu biji dikenal sebagai obat alami yang dapat menyembuhkan dan mencegah penyakit demam berdarah. Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung dan juga sering diolah menjadi jus yang menyegarkan serta menyehatkan. Tetapi, tahukah anda bahwa buah jambu biji tidak hanya dapat mengatasi penyakit demam berdarah saja. Buah ini juga diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih jauh mengenai manfaat buah jambu biji bagi kesehatan ibu hamil.

Masa kehamilan merupakan masa yang paling penting bagi janin. Karena pada masa ini janin sedang dalam proses pembentukan, sehingga diperlukan nutrisi yang cukup supaya janin dapat tumbuh dengan sempurna. Pada masa kehamilan ini, ibu hamil memerlukan nutrisi yang cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan gizi dirinya sendiri dan janin yang ada didalam kandungannya. Nutrisi ini bisa diperoleh dengan cara mengkonsumsi makanan - makanan sehat, salah satunya adalah jambu biji. Jambu biji merupakan buah tropis yang sangat lezat dan mengandung segudang manfaat. Menurut data komposisi pangan Indonesia, jambu biji mengandung banyak nutrisi seperti serat, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, serta berbagai vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Karena banyaknya kandungan nutrisi yang ada apada jambu biji, maka sangat disayangkan jika buah yang satu ini dilewatkan begitu saja oleh ibu hamil.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat buah jambu biji untuk ibu hamil yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Mencegah komplikasi kehamilan

Jambu biji merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C bersama dengan vitamin E bermanfaat untuk meningkatkan kandungan antioksidan sehingga mampu menghambat radikal bebas yang menyebabkan stress oksidatif pada tubuh. Hal itu berarti sel - sel tubuh akan terlindungi dari peradangan yang bisa meningkatkan risiko preeclampsia, kelahiran prematur, ketuban pecah dini, dan tidak berkembangnya janin didalam kandungan.

2. Mencegah anemia dan bayi lahir dengan berat rendah

Tidak hanya ibu hamil, jambu biji juga memberikan manfaat untuk perkembangan janin. Hal ini karena jambu biji mengandung zat besi. Zat besi sendiri merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, bahkan kebutuhan akan zat besi pada ibu hamil bisa 2 kali lipat lebih besar daripada orang pada umumnya. Bila kadar zat besi rendah, ibu hamil dapat berisiko mengalami anemia. Hal ini akan mengakibatkan bayi yang dilahirkannya akan mengalami berat badan yang rendah.

3. Mendukung perkembangan otak bayi


Jambu biji diketahui memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Sama seperti zat besi, asam folat juga termasuk nutrisi yang sangat penting selama masa kehamilan. Asam folat dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah sekaligus membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang.Bila ibu hamil mengalami defisiensi atau kekurangan asam folat maka bayi yang dilahirkan akan berisiko mengalami cacat tabung saraf dan anencephaly.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search