Friday, November 8, 2019

Docetaxel : Obat Untuk Menghambat Pertumbuhan Kanker

Docetaxel : Obat Untuk Menghambat Pertumbuhan Kanker


Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan tidak normal dari sel - sel jaringan tubuh dan kemudian berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel - sel kanker ini dapat menyebar keseluruh tubuh dan dapat menyebabkan kematian. Ketika seseorang divonis mengidap kanker, dokter akan menggunakan berbagai metode untuk mengatasi penyakit tersebut. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit kanker adalah metode kemoterapi. Pada metode kemoterapi, sel - sel kanker akan dibunuh dan dihambat pertumbuhannya dengan menggunakan berbagai jenis obat - obatan. Tetapi, metode ini memiliki efek yang cukup buruk karena dampak dari obat - obatan tadi, tidak hanya menyerang sel - sel kanker saja, tetapi sel - sel sehat pun bisa ikut terkena imbasnya.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, metode kemoterapi menggunakan obat - obatan sebagai senjata untuk membunuh sel kanker. Salah satu golongan obat kemoterapi yang sering digunakan adalah obat jenis taxanes. Taxanes merupakan golongan obat kemoterapi yang berfungsi untuk menghalangi pertumbuhan sel kanker dengan menghentikan bagian - bagian sel kanker tersebut. Obat jenis taxanes dapat mengganggu struktur mikrotubulus dan dapat digunakan dalam penyembuhan kanker. Obat yang termasuk kedalam golongan taxanes ada banyak sekali, salah satunya adalah docetaxel. Docetaxel merupakan obat yang digunakan untuk mengobati beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker paru, kanker prostat, dan sebagainya.

Docetaxel termasuk kedalam golongan obat taxanes. Obat ini bekerja dengan cara memperlambat pertumbuhan sel kanker didalam tubuh. Docetaxel diberikan melalui suntikan kedalam pembuluh darah oleh tim medis professional. Dosis dan frekuensi pemberian docetaxel didasarkan pada kondisi medis pasien dan respon pasien terhadap pengobatan yang dilakukan. Dokter mungkin akan meresepkan beberapa jenis obat kortiko steroid untuk meminimalisir terjadinya efek samping sebelum memberikan docetaxel. Docetaxel merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis docetaxel untuk orang dewasa
  • 60 - 75 mg/m2 melalui infus selama lebih dari 1 jam setiap 3 minggu sekali.


Dosis docetaxel untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ada ketentuan mengenai dosis docetaxel untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika digunakan untuk pasien anak.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, obat docetaxel juga memiliki efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat menglaami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat docetaxel, yaitu :
  • Lemah dan lesu
  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Sembelit
  • Rambut rontok
  • Tidak nafsu makan




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search