Friday, November 8, 2019

Ketahui Sejak Dini Gejala Kanker Tenggorokan

Ketahui Sejak Dini Gejala Kanker Tenggorokan


Dalam benak kebanyakan orang, kanker merupakan penyakit yang sangat mengerikan. Penyakit ini dapat menyerang siapapun tanpa memandang usia, maupun jenis kelamin. Selain itu, penyakit kanker banyak sekali jenisnya dan dinamai berdasarkan organ tubuh yang diserang, seperti kanker payudara, kanker mulut rahim, kanker perut, kanker leher, dan sebagainya. Pada kesempatan kali ini, pembahasan kita akan mengerucut pada kanker tenggorokan. Kanker tenggorokan sendiri sebenarnya bukanlah istilah yang ditujukan untuk menyebut satu jenis penyakit. Istilah kanker tenggorokan digunakan untuk penyakit atau sel kanker yang menyerang berbagai organ tubuh yang ada di tenggorokan seperti kotak suara, pita suara, serta bagian tenggorokan lainnya.

Sebagai tambahan pengetahuan anda, tenggorokan terdiri dari tabung berotot yang bermula dari hidung dan berakhir di leher. Tenggorokan terbagi menjadi beberapa bagian, dan hampir seluruhnya berpotensi menjadi tempat berkembangnya sel kanker. Umumnya, penyakit kanker tenggorokan dibagi berdasarkan organ yang diserang, yaitu kanker laring dan kanker faring. Selain itu, pengobatan kanker juga umumnya dilakukan tergantung pada jenis sel yang berkembang, serta pada bagian tenggorokan mana yang diserang. Gejala - gejala umum yang terlihat dari kanker tenggorokan diantaranya adalah rasa sakit pada tenggorokan, dan terkadang rasa sakit tersebut menjalar hingga ke telinga.

Kanker tenggorokan merupakan penyakit yang umum terjadi. Tetapi, jenis kanker ini termasuk jarang jika dibandingkan dengan jenis kanker lainnya. Menurut national cancer institute, sebanyak 1 % orang dewasa didiagnosisi menderita kanker faring, sementara 0,4 % orang dewas lainnya didiagnosis menderita kanker laring. Di Negara Indonesia, kasus kanker tenggorokan sendiri menempati urutan ke empat terbanyak setelah kanker payudara, kanker serviks, dan kanker paru. Tingkat keselamatan pasien yang mengidap kanker tenggorokan pun tergantung dari tingkat keparahannya.

Kanker tenggorokan menimbulkan gejala yang berbeda - beda pada setiap orang tergantung pada lokasi awal dimana sel kanker pertama kali muncul.



Berikut ini merupakan beberapa gejala dari kanker tenggorokan yang harus anda waspadai, yaitu :

1. Benjolan di leher

Salah satu tanda paling khas dari kanker tenggorokan adalah munculnya benjolan tidak lazim pada leher penderita. Bila anda merasakan adanya benjolan di leher and ayang tumbuh dalam waktu cepat, bisa jadi benjolan tersebut merupakan gejala dari kanker tenggorokan. Tetapi, sayangnya benjolan tersebut juga dapat disebabkan oleh penyakit lainnya seperti amandel. Namun, biasnaya benjol akibat amandel akan hilang setelah penyakitnya sembuh.

2. Perubahan suara yang tidak biasa

Salah satu tanda dari kanker tenggorokan adalah terjadinya perubahan suara secara mendadak. Meskipun kondisi ini dapat disebabkan oleh hal lainnya seperti flu, batuk, ataupun karena berteriak terlalu keras, tetapi jika perubahan suara tersebut terjadi secara tiba - tiba dan tanpa sebab yang jelas, bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa anda terserang kanker tenggorokan. Perubahan suara yang terjadi menandakan bahwa sel kanker telah menyerang pita suara anda. Hal ini mengakibatkan suara anda menjadi serak bahkan hilang sama sekali.

3. Sakit tenggorokan


Kanker tenggorokan juga dapat membuat tenggorokan menjadi sakit dan tidak nyaman. Rasa sakit ini sebenarnya mirip dengan radang tenggorokan. Hanya saja, pada kasus kanker tenggorokan muncul secara tiba - tiba tanpa ada sebab yang jelas. Rasa sakitnya pun cenderung lebih intens dan tidak kunjung hilang meskipun sudah mengkonsumsi obat - obatan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search