Friday, November 8, 2019

Ketahui Manfaat Tanaman Patikan Kebo Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Tanaman Patikan Kebo Bagi Kesehatan


Bagi orang yang lahir dan besar di kota metropolitan seperti Jakarta, mungkin tidak mengenal tanaman ini. Tetapi, bagi orang yang tingga di daerah pedesaan, tanaman ini sangat dikenal. Kebanyakan orang mungkin mengenal tumbuhan patikan kebo sebagai gulma atau hama pertanian. Tanaman ini biasanya dianggap sebagai hama yang mengganggu dan sering dibersihkan serta dibuang begitu saja. Tetapi, penelitian terbaru menemukan fakta bahwa ternyata tumbuhan yang selama ini sering dianggap sebagai hama dan diabaikan begitu saja memiliki manfaat yang cukup besar dalam dunia medis. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai manfaat tanaman patikan kebo bagi kesehatan.

Tumbuhan patikan kebo memiliki nama ilmiah euphorbia hirta. Tanaman ini juga dikenal dengan nama atau sebutan yang berbeda - beda di berbagai daerah seperti gatas - gatas atau tawa - tawa di Filipina, daun biji kacang di Malaysia, pohon gendong anak di Jakarta, dan sosononga di Halmahera. Memang, masyarakat umum lebih mengenal tanaman patikan kebo sebagai gulma atau hama yang sangat mengganggu dalam dunia pertanian. Tetapi, tanaman ini ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Tanaman patikan kebo merupakan jenis tanaman yang hampir semua bagian tubuhnya dapat dimanfaatkan sebagai obat. Tetapi, anda harus berhati - hati pada bagian batangnya, karena jika dipetik akan mengeluarkan getah seperti susu yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit anda.

Secara umum, tanaman patikan kebo sering digunakan untuk mengobati penyakit gangguan pernapasan seperti asma, bronchitis, dan sesak dada. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 ditemukan fakta bahwa tanaman ini mengandung banyak sekali nutrisi yang bermanfaat. Daun patikan kebo ternyata mengandung natrium, kalium, kalsium, dan litium. Selain itu tanaman ini juga kaya akan vitamin C, fenolik, dan betakaroten.



Berikut ini, merupakan beberapa manfaat tanaman patikan kebo bagi kesehatan, yaitu :

1. Mengurangi gejala gangguan pernapasan

Salah satu manfaat dari tanaman patikan kebo yang paling dikenal adalah dapat mengurangi gejala gangguan pernapasan atau asma. Hal ini karena patikan kebo memiliki kandungan yang mirip dengan obat antiastatik yang dapat memberikan efek rileks terhadap saluran udara atau bronkus. Selain dikenal sebagai obat asma, tanamn ini juga sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi beberapa jenis penyakit seperti sakit tenggorokan, batuk kronis, dan bronchitis.

2. Menyehatkan kulit

Daun patikan kebo ternyata dapat membantu mengatasi iritasi yang terjadi pada permukaan kulit anda. Tanaman ini diketahui memiliki kandungan antioksidan yang mampu mempercepat proses penyembuhan dengan merangsang aliran darah ke permukaan kulit. Hal tersebut membuat tubuh anda lebih cepat menumbuhkan sel - sel kulit yang baru. Patikan kebo juga diketahui dapat menghambat proses penuaan kulit, sehingga banyak sekali krim kecantikan yang dibuat dari ekstrak tanaman patikan kebo.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Sebuah penelitian di india menemukan fakta bahwa tanaman patikan kebo dapat mengurangi gejala infeksi telinga. Selain itu, tanaman ini juga diketahui dapat membantu mengobati infeksi mata dan gejala konjungtivitis. Hal ini menunjukkan bahwa tanaman patikan kebo dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang karena berbagai penyakit tersebut disebabkan oleh sistem pertahanan tubuh yang lemah.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search