Friday, November 8, 2019

Dobutamine : Obat Untuk Mengatasi Gagal Jantung

Dobutamine : Obat Untuk Mengatasi Gagal Jantung


Gagal jantung merupakan istilah medis yang merujuk pada kondisi jantung yang tidak dapat berfungsi dengan baik. Pada kondisi normal, jantung bertugas memompa darah secara terus menerus dengan membentuk sistem sirkulasi darah. Tetapi, ketika seseorang mengalami kondisi gagal jantung, darah mengalir keseluruh tubuh dengan sangat lambat. Kondisi ini membuat otot jantung melemah dan tidak dapat bekerja dengan baik. Bahkan dalam keadaan fatal, kondisi dapat menyebabkan jantung berhenti berfungsi yang dapat berujung pada kematian. Kondisi gagal jantung dapat diatasi dan diminimalisir risikonya dengan memberikan beberapa jenis obat - obatan yang digunakan khusus untuk mengatasi berbagai masalah jantung.

Salah satu obat yang dapat digunakan untuk mengatasi kondisi gagal jantung adalah dobutamine. Dobutamine merupakan obat yang berbentuk cairan yang berfungsi untuk mengobati gagal jantung akibat operasi atau Karena melemahnya otot jantung. Obat ini biasanya digunakan dengan cara dimasukkan langsung melalui pembuluh darah intravena. Dobutamine bekerja dengan cara merangsang kerja otot jantung dan meningkatkan aliran darah. Umumnya, dobutamine digunakan utnuk meningkatkan tekanan darah sistolik. Obat ini baru akan diberikan pada pasien jika obat jantung jenis lain tidak mampu menangani kondisinya. Obat ini juga bisa digunakan untuk pengobatan penyakit lain. Tetapi, anda harus mengkonsultasikannya dahulu dengan dokter anda.

Dobutamine digunakan dengan cara disuntikkan kedalam pembuluh darah vena. Biasanya, prosedur ini akan dilakukan oleh tim medis. Anda hanya mendapatkan suntikan dobutamine jika anda mendapatkan perawatan di klinik maupun di rumah sakit. Hal ini dilakukan karena jika terjadi efek samping yang cukup serius, maka akan segera dapat ditangani. Ketiak anda menggunakan obat ini, anda diharuskan untuk melakukan beberapa tes medis secara rutin. Selain itu, jantung anda juga harus diperiksa menggunakan elektrokardiografi. Dobutamine merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan meletakkannya pada tempat yang lembab.


Dosis dobutamine untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk gagal jantung :
  • Dosis awal : 0,5 - 1 mcg/kg setiap menit melalui intravena.
  • Dosis pemeliharaan : 2 - 20 mcg/kg/menit melalui intravena.
  • Dosis maksimum : 40 mcg/kg/menit melalui intravena.

Dosis dewasa untuk sakit jantung :
  • 2,5 - 12 mcg/kg/menit.


Dosis dobutamine untuk anak - anak

Dosis anak - anak untuk gagal jantung :
  • Dosis awal : 0,5 - 1 mcg/kg setiap menit melalui intravena.
  • Dosis pemeliharaan : 2 - 20 mcg/kg/menit melalui intravena.
  • Dosis maksimum : 40 mcg/kg/menit melalui intravena.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, dobutamine juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat dobutamine, yaitu :
  • Sakit kepala
  • Mual dan muntah
  • Demam tinggi
  • Kaki kram




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search