Friday, November 8, 2019

Mengenal Penyakit Miokarditis

Mengenal Penyakit Miokarditis


Pernahkah anda mendengar penyakit yang bernama miokarditis ? Penyakit ini mungkin masih jarang terdengar ditelinga anda. Miokarditis merupakan sebuah penyakit yang ditandai dengan adanya peradangan pada otot jantung atau miokardium. Miokardium sendiri merupakan lapisan otot dinding jantung. Otot ini bertugas untuk memompa darah yang masuk dan keluar dari jantung keseluruh bagian tubuh. Jika otot tersebut meradang, darah tidak akan terpompa dengan baik, sehingga menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan seperti detak jantung yang tidak teratur, kesulitan bernapas, dan pada kasus tertentu bisa berkembang menjadi pembekuan darah, serangan jantung, stroke, dan kerusakan jantung.

Miokarditis umumnya disebabkan oleh virus, bakteri maupun infeksi jamur. Ketika infeksi berusaha menyerang tubuh, sistem imun tubuh berusaha melawannya dengan mengeluarkan zat kimia untuk membunuh penyakit tersebut. Reaksi perlawanan inilah yang menyebabkan peradangan pada beberapa bagian tubuh. Meskipun sistem imun bertugas menghalau benda asing yang masuk kedalam tubuh, tetapi peradangan yang merupakan reaksi perlawanan sistem imun tersebut justru dapat melemahkan otot jantung. Beberapa penyakit autoimun seperti lupus dapat menyebabkan sistem imun berbalik melawan jantung serta dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan pada jantung.

Meskipun sulit untuk menentukan penyebab yang pasti dari penyakit miokarditis, tetapi ada beberapa faktor potensial yang dapat menyebabkan penyakit ini, yaitu :
  • Virus. Virus merupakan penyebab penyakit miokarditis yang paling umum. Beberapa virus seperti adenovirus dan parvovirus diketahui memiliki potensi sebagai penyebab penyakit miokarditis.
  • Bakteri. Meskipun jarang terjadi, miokarditis juga dapat disebabkan oleh beberapa jenis bakteri seperti staphylococcus, streptococcus, dan baketri penyebab difteri.
  • Jamur. Beberapa jenis jamur seperti candida, mold, dan berbagai jenis jamur parasit lainnya diketahui juga dapat menyebabkan penyakit miokarditis.
  • Penyakit peradangan. Penyakit yang dapat menyebabkan radang pad abeberapa anggota tubuh juga diketahui dapat berpotensi menyebabkan penyakit miokarditis.

Miokarditis termasuk penyakit yang cukup berbahaya karena dapat menyerang siapapun dengan usia berapapun. Penyakit ini juga sering terjadi tanpa disertai dengan gejala apapun. Gejalanya sendiri sering menyerupai gejala flu seperti kelelahan, demam, nyeri, pembengkakan sendi, dan rasa sakit pada dada. Penyakit ini sering menyerang orang sehat, dan dianggap sebagai penyebab utama kematian mendadak pada orang - orang yang berusia muda. Seringkali, penyakit miokarditis dapat hilang dengan sendirinya tanpa dilakukan pengobatan apapun. Bahkan pada kasus yang lebih serius mungkin tidak dapat  menimbulkan gejala seperti gagal jantung, tetapi dapat merusak otot jantung. 


Tetapi, jantung seringkali menunjukkan beberapa kendala yang dihadapi, dengan gejala sebagai berikut :
  • Kelelahan
  • Sesak napas
  • Palpitasi jantung
  • Demam
  • Nyeri dada
  • Gagal jantung kongestif

Meskipun penyakit miokarditis sangat sulit untuk dideteksi, dokter dapat melakukan beberapa tes untuk mempersempit kemungkinan penyebabnya. Dokter dapat melakukan tes darah untuk melihat adanya tanda - tanda infeksi atau radang. Elektrocardiogram atau ECG juga dapat digunakan untuk mendeteksi kelainan detak jantung dan kerusakan otot jantung, dan echocardiogram dapat digunakan untuk mendeteksi pembengkakan pada jantung. Pengobatan terhadap penyakit miokarditis tergantung pada seberapa parah peradangan yang terjadi. Dalam beberapa kasus, pembengkakan akan menghilang dengan sendirinya dan anda akan sembuh sepenuhnya.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search