Friday, November 8, 2019

Langkah Tepat Membersihkan Kulit Berminyak

Langkah Tepat Membersihkan Kulit Berminyak


Pernahkah anda mengalami masalah kulit berminyak ? Lalu, tahukah anda apa yang menyebabkan kulit berminyak ? Kulit berminyak merupakan kondisi ketika kelenjar sebaceous menghasilkan terlalu banyak minyak di kulit. Akibatnya, kulit terlihat lebih mengkilap dan berkilau. Sebenarnya, minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous memiliki fungsi untuk membantu menjaga kulit agar tetap lembab. Akan tetapi, jika produksi minyak terlalu banyak terkadang dapat menimbulkan masalah. Orang yang memiliki kulit berminyak sangat rentan mengalami jerawat. Hal ini karena kulit berminyak dapat membuat kotoran dapat menempel dengan mudah di kulit sehingga dapat menyumbat pori - pori kulit. Kototran yang menyumbat pori - pori kulit itulah yang akhirnya berkembang menjadi jerawat.

Bagi seseorang yang memiliki kulit berminyak, salah satu hal penting yang tidak boleh terlupakan adalah membersihkan wajah, tentunya dengan cara yang tepat. Hal ini karena jika anda membersihkan wajah secara asal - asalan, hal tersebut  justru bisa menimbulkan masalah baru, yaitu dapat merangsang timbulnya jerawat.


Oleh karena itu, anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini untuk mencegah timbulnya jerawat akibat kulit berminyak, yaitu :

1. Mengetahui jenis kulit anda

Sebelum melakukan perawatan, langkah pertama yang harus and alakukan adalah mengetahui jenis kulit anda. Hal ini karena beda jenis kulit maka berbeda pula cara merawatnya. Cara merawat kulit yang salah tentunya tidak berdampak apapun pada kesehatan kulit anda, justru dapat semakin memperburuk keadaan. Cara paling mudah untuk mengetahui jenis kulit adalah dengan konsultasi ke dokter kulit. Cara selanjutnya untuk mengetahui jenis kulit anda adalah dengan memperkirakan berapa kali dalam sehari anda membersihkan wajah anda. Jika anda memiliki kulit berminyak, tisu yang anda gunakan untuk membersihkan wajah anda akan menyerap minyak setiap kali anda membersihkan wajah anda. kulit anda dikatakan tidak berminyak jika tidak ada minyak yang terserap oleh tisu yang anda gunakan.

2. Memilih cleanser yang paling tepat

Pastikan anda memilih cleanser atau pembersih wajah yang tepat untuk kulit anda. Para ahli menyarankan untuk membeli pembersih kulit yang berbahan ringan serta mengandung pelembab yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak. Anda dapat menggunakan produk pembersih yang bebas lilin dan minyak sehingga tidak memperburuk kondisi kulit berminyak anda.

3. Suhu air yang tepat

Banyak orang beranggapan bahwa cara terbaik untuk mengatasi kulit berminyak adalah dengan membasuhnya menggunakan air panas. Hal ini karena air panas diyakini dapat membantu membersihkan semua kotoran, debu, dan minyak yang menempel di kulit. Padahal, anggapan ini tidaklah tepat. Faktanya, air panas justru dapat membuat kulit menjadi kering. Langkah terbaik yang dapat anda lakukan untuk membersihkan kulit berminyak adalah membasuh wajah anda menggunakan air yang bersuhu hangat. Spesialis kulit menyarankan untuk membersihkan area wajah maksimal 2 - 3 kali sehari.

4. Pentingnya menggunakan toner

Toner merupakan produk perawatan kulit yang berfungsi untuk menurunkan kadar pH kulit dan membersihkan debu serta minyak yang tidak bisa dibersihkan oleh sabun wajah biasa. Orang yang memiliki kulit berminyak, dapat menggunakan toner yang mengandung alkohol. Pada sebagian orang, penggunaan alkohol mungkin dapat membuat kulit menjadi kering. Tetapi, hal ini tidak terlalu berpengaruh pada penderita kulit berminyak. Toner yang mengandung alkohol justru dapat membuat kulit menjadi bersih dari minyak.

5. Hindari perawatan yang tidak perlu


Meskipun perawatan di salon kecantikan dapat membuat anda rileks, biasanya perawatan tersebut tidak terlalu berguna untuk mengatasi kulit berminyak. Banyak orang yang percaya bahwa perawatan di spa dapat membersihkan kulit hingga lapisan terdalam. Padahal, perawatan di spa hanya dapat membersihkan lapisan luar kulit dan dalam banyak kasus, justru bisa memicu terjadinya kerusakan kulit.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search