Friday, December 6, 2019

Kenali Dan Atasi Gejala Ketergantungan Obat

Kenali Dan Atasi Gejala Ketergantungan Obat


Ketika seseorang mengalami sakit, pasti hal pertama yang dicari adalah obat. Obat memang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia yaitu untuk menyembuhkan penyakit yang sedang diderita. Obat memiliki pengertian yaitu zat atau benda yang dapat digunakan untuk merawat penyakit, meredakan atau menghilangkan gejala, serta merubah proses kimia yang ada didalam tubuh. Obat memang aman dikonsumsi sewaktu - waktu atau ketika sedang mengalami suatu penyakit yang tidak bisa disembuhkan dengan makanan sehat atau dengan istirahat. Tetapi, jika anda terlalu sering mengkonsumsi obat atau ketika mengalami masalah sedikit seperti pusing langsung minum obat, maka bisa jadi anda akan mengalami ketergantungan obat.

Kondisi ketergantungan obat tidak hanya dialami oleh para pengguna obat - obatan terlarang atau narkoba saja. Tetapi, orang yang menggunakan obat umum-pun bisa mengalaminya jika terlalu sering mengkonsumsi obat tersebut serta dalam jangka waktu yang lama. Dilansir dari laman healthyplace, ketergantungan obat dapat diartikan sebagai proses konsumsi obat yang dilakukan secara berulang - ulang melebihi aturan penggunaannya atau tidak sesuai dengan petunjuk dokter. Hal ini dilakukan tanpa memikirkan efek samping yang akan terjadi yang dapat timbul akibat kebiasaan ini. Di sisi lain, orang yang mengalami ketergantungan obat menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan fisik, psikologis, ataupun keduanya.

Ketika anda mengalami ketergantungan suatu obat tertentu dan mengkonsumsinya secara terus menerus, berarti tubuh anda telah menyesuaikan diri dengan kehadiran obat tersebut. Akhirnya, ketika anda memutuskan untuk berhenti mengkonsumsinya, tubuh anda akan menghasilkan reaksi berbeda yang disebabkan oleh tidak terpenuhinya suatu zat kimia yang telah menjadi kebiasaan dalam tubuh anda.


Berikut ini merupakan beberapa gejala yang menandakan bahwa anda mengalami ketergantungan obat, diantaranya :
  • Sakit perut, mual, dan muntah
  • Hilang kesadaran atau pingsan
  • Masalah pernapasan dan tekanan darah
  • Nyeri dada
  • Pupil mata membesar
  • Gemetaran
  • Kejang
  • Halusinasi
  • Diare
  • Kulit seketika menjadi dingin dan berkeringat

Ketergantungan akibat mengkonsumsi obat yang tidak sesuai aturan dapat diatasi dengan beberapa cara, diantaranya :
  • Apabila anda mengkonsumsi obat berdasarkan resep dokter, patuhilah dan ikutilah petunjuk yang diberikan oleh dokter anda. Jangan mencampur konsumsi obat dengan jenis lain tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda.
  • Apabila anda merasakan hasrat untuk mengkonsumsi obat dengan jenis tertentu dalam dosis yang lebih banyak, sebaiknya segera hubungi dokter anda untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search