Friday, December 6, 2019

Ketahui Manfaat Dan Efek Samping teh Guayusa

Ketahui Manfaat Dan Efek Samping teh Guayusa


Pernahkah anda mendengar nama tanaman guayusa? tanaman ini mungkin masih sangat asing di telinga masyarakat Indonesia, karena tanaman ini memang bukan berasal dari Indonesia. Guayusa merupakan salah satu jenis tanaman yang dibudidayakan di amerika selatan, khususnya dinegara equador. Tanaman guayusa sering diolah menjadi minuman teh dan dikonsumsi sehari - hari oleh masyarakat dinegara equador. Tanaman guayusa dikenal di Negara equador sebagai tanaman yang menjadi sumber utama antioksidan, vitamin, dan asam amino. Selain itu, manfaat dari teh guayusa bisa dirasakan karena teh guayusa juga mengandung zat theobromine yang bisa menghasilkan efek mood atau suasana hati agar lebih ceria.

Selama beberapa tahun terakhir, produk teh guayusa sudah mulai bermunculan di berbagai supermarket di Negara amerika serikat. Bahkan, teh guayusa juga sudah tersedia dibeberapa tempat di Indonesia. Tetapi, masyarakat equador sudah lama memanfaatkan teh guayusa untuk meningkatkan fokus mereka dan untuk mencegah kantuk saat bekerja. Bahkan, beberapa suku asli equador menyebut teh guayusa sebagai penjaga malam karena manfaat teh guayusa yang dikenal dapat membuat seseorang terjaga sepanjang malam. Meskipun lebih dikenal sebagai minuman pembangkit energi, teh guayusa ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Manfaat teh guayusa ditemukan pada jurnal diabetes research tahun 1989. Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan menguji teh efek dari 12 jenis tumbuhan pada tikus yang mengalami diabetes. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan fakta bahwa pengobatan dengan menggunakan ekstrak tumbuhan guayusa dapat membantu mengatur kadar gula dalam darah serta mengurangi berat badan pada tikus yang mengalami diabetes. Oleh karena itu, para ilmuwan menyarankan bahwa dengan menghirup guayusa secara teratur dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes dan penyakit jantung. Selain itu, dengan rutin mengkonsumsi teh guayusa, and ajuga dapat menurunkan berat badan secara efektif.

Teh guayusa diketahui memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi, bahkan mendapatkan julukan sebagai sang penjaga malam. Meskipun teh guayusa termasuk teh herbal, tetapi tidak semua jenis produk herbal yang mengandung kafein baik untuk anda. Jika anda mengkonsumsi teh guayusa dalam jumlah banyak, bukan manfaat yang akan anda dapatkan, justru anda akan mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti gejala kecemasan, insomnia, dehidrasi, sakit kepala, dan bahkan dapat membuat irama jantung menjadi tidak teratur. Selain itu, national institute of health telah memperingatkan bahwa wanita hamil dan menyusui harus membatasi penggunaan kafein mereka.


Banyak orang yang menyebut bahwa manfaat teh guayusa sama dengan manfaat minuman kopi, tetapi dengan kadar yang lebih aman. Beberapa orang juga menganggap bahwa tanaman guayusa dapat digunakan sebagai sumber kafein yang tidak memiliki efek samping yang menawarkan cadangan energi seimbang dengan cara melepaskan zat kafein sekaligus mencegah efek samping buruk terjadi. Namun, berbagai pernyataan tersebut belum didukung oleh bukti ilmiah yang cukup. Oleh karena itu, jika anda ingin mengkonsumsi teh guayusa, sebaiknya dikonsumsi secukupnya saja dan jangan berlebihan.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search