Friday, December 6, 2019

Ketahui Manfaat Tanaman Cengkeh Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Tanaman Cengkeh Bagi Kesehatan


Cengkeh merupakan tanaman asli Indonesia dan banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas dinegara - Negara eropa dan sering  juga digunakan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia. Bagian dari tanaman cengkeh yang sering dimanfaatkan adalah pada bagian tangkai bunganya. Sejak zaman dahulu, cengkeh dijadikan sebagai bumbu rempah sekaligus obat herbal. Tanaman ini sering digunakan untuk meredakan sakit perut dan meredakan batuk berdahak. Selain itu, ekstrak cengkeh yang diolah dan dijadikan minyak juga dapat digunakan untuk mengatasi diare, perut kembung, mual dan muntah, hernia, serta bau mulut. Khasiat tersebut bisa diperoleh karena tanaman cengkeh mengandung senyawa minyak atsiri seperti eugenol yang merupakan senyawa bioaktif utama dari tanaman ini. Kandungan minyak esensial tersebut yang memiliki fungsi anestetik dan anti mikroba sehingga dapat menghilangkan bau mulut dan juga dapat mengobati sakit gigi.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan didalam journal of dentistry diketahui bahwa cengkeh dapat menjadi pengganti obat penahan rasa sakit seperti benzocaine yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi dan gusi serta luka yang terjadi pada mulut. Selain itu, journal of medical microbiology juga menyatakan bahwa tanaman cengkeh diketahui dapat menghambat pertumbuhan jamur. Bahkan, beberapa penelitian lain juga menyebutkan bahwa, tanaman ini juga dapat mencegah terjadinya ejakulasi dini pada pria. Meskipun tidak ada penelitian yang cukup valid mengenai cara kerja tanaman ini, namun ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa tanaman cengkeh dapat menghambat sintetis prostaglandin, cydooxygenase, dan lipoxygenase. Tanaman ini juga mengandung senyawa eugenol yang merupakan salah satu bahan kimia yang terkandung didalam cengkeh yang berfungsi sebagai pereda nyeri dan anti mikroba.

Tanaman cengkeh juga memiliki sejarah yang panjang dalam peradaban manusia. Pada abad keempat, pemimpin dinasti han dari tiongkok memerintahkan setiap orang yang akan mendekatinya supaya mengunyah cengkeh terlebih dahulu supaya bau nafasnya menjadi harum sehingga tidak mengganggu penciuman raja. Tanaman ini juga menjadi dalah satu komoditi yang mahal pada zaman romawi bersama dengan tanaman pala dan merica. Tanaman cengkeh juga menjadi bahan tukar menukar bangsa arab zaman pertengahan. Bahkan, pada akhir abad ke 15, harga cengkeh sama dengan harga emas, yaitu harga satu kilogram cengkeh seharga dengan harga 7 gram emas. Pohon cengkeh tertua didunia saat ini ada di kelurahan tongole, kecamatan ternate tengah. Tanaman ini awalnya hanya tumbuh di 5 pulau kecil yang ada di kepulauan Maluku yaitu bacan, makian, moti, ternate dan tidore. Lalu, tanaman ini menyebar ke seluruh Indonesia dan diperdagangkan ke seluruh dunia.

Saat ini, tanaman cengkeh telah diolah menjadi beberapa bentuk obat - obatan herbal, seperti obat kumur, minyak esensial, larutan, dan produk kosmetik. Meskipun memiliki segudang manfaat, namun tanaman cengkeh juga memiliki efek samping.

Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan dari mengkonsumsi cengkeh secara berlebihan, yaitu :
  • Reaksi alergi
  • Iritasi kulit
  • Gangguan saluran pernapasan dan pencernaan
  • Kejang-  kejang
  • Depresi
  • Edema paru




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search