Friday, December 6, 2019

Ketahui Manfaat Daun Bit Bagi Kesehatan Tubuh

Ketahui Manfaat Daun Bit Bagi Kesehatan Tubuh


Bit merupakan kelompok tanaman yang masuk kedalam kelas beta vulgaris dan subspecies grup vulgaris conditiva. Bagian yang paling sering dimanfaatkan dari tanaman bit adalah umbinya, yang sering diolah menjadi makanan, bahan obat herbal, dan sebagai pewarna makanan alami. Tanaman bit awalnya merupakan tumbuhan liar yang hidup di dataran eropa selatan. Namun, pembudidayaan beberapa varietas bit dilakukan di Negara inggris dan akhirnya menyebar ke seluruh dunia. Buah bit pertama kali dibudidayakan oleh orang romawi pada abad ke 19. Ketika itu, nilai komersial buah bit yang telah diolah menjadi gula sangatlah tinggi. Hingga saat ini, produsen komersial terkemuka buah bit seperti amerika serikat, rusia, perancis, polandia, dan jerman juga membudidayakannya untuk tujuan ekspor.

Seluruh bagian dari tanaman bit dapat diolah dan dikonsumsi baik akar atau umbinya, maupun bagian daunnya. Tetapi, bagian umbi pohon bit lah yang paling sering dikonsumsi karena daun buah bit memiliki rasa yang pahit jika tidak diolah secara tepat. Meskipun memiliki rasa yang pahit, ternyata daun bit juga dapat diolah menjadi berbagai menu masakan yang menyehatkan.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat daun bit bagi kesehatan, yaitu :

1. Menjaga kesehatan mata

Daun bit diketahui memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A sendiri berasal dari berbagai senyawa aktif seperti alfa dan betakaroten, beta cryptoxantin, zeaxanthin, serta lutein yang baik untuk tubuh. Selain itu, vitamin A merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak. Hal ini berarti tubuh akan menggunakan lemak untuk memproses dan menyimpan vitamin A didalam sistem tubuh lebih lama. Vitamin A yang disimpan ini, nantinya akan digunakan oleh tubuh utnuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh, kesehatan kulit, dan diferensiasi sel. Vitamin A juga berperan penting untuk menjaga kesehatan mata anda yaitu dengan cara membantu batang dan kerutcut retina untuk menyerap cahaya. Hal ini akan membantu penglihatan anda terbebas dari berbagai gangguan.

2. Menurunkan risiko jatuh sakit

Selain vitamin A, buah bit juga mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Vitamin C diperlukan untuk menghasilkan kolagen, yakni zat yang diperlukan tubuh untuk mendukung pertumbuhan kulit, tulang, gigi, dan pembuluh darah yang sehat. Selain itu, sel darah putih juga membutuhkan vitamin C utnuk melawan kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi.

3. Menjaga kesehatan otot dan saraf


Manfaat lain dari daun bit yang dapat anda peroleh yaitu dapat menjaga kesehatan otot dan saraf. Hal ini karena daun bit mengandung berbagai jenis vitamin B seperti niacin, riboflavin, dan thiamin. Kesemua jenis vitamin B tersebut sangat diperlukan tubuh bersamaan dengan mineral lainnnya seperti kalium untuk menjaga otot tetap sehat sekaligus untuk mendukung kinerja saraf dalam menerima dan menyampaikan sinyal dari otak ke otot.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search