Thursday, December 5, 2019

Ketahui Tips Supaya Tidak Tertular Flu Saat Bepergian

Ketahui Tips Supaya Tidak Tertular Flu Saat Bepergian


Ketika seseorang bepergian atau sedang melakukan perjalanan jauh, biasanya kondisi tubuh orang tersebut akan menurun karena berbagai faktor, diantaranya kelelahan. Ketika seseorang mengalami kelelahan, maka kemampuan sistem imun orang tersbut juga ikut menurun dan membuatnya rentan terserang berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang dapat menyerang seseorang dengan kondisi sistem imun yang sedang menurun adalah penyakit flu atau influenza. Tetapi, anda tidak perlu panik jika anda mengalami hal ini saat sedang bepergian. Sebab, hari ini kita akan membahas mengenai cara atau beberapa tips supaya anda tidak tertular flu ketika bepergian.

Flu atau influenza sendiri merupakan penyakit yang menyerang saluran nafas. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus dan memiliki sifat yang sangat mudah menular melalui udara. Orang yang terserang flu, biasanya akan mengalami beberapa gejala terlebih dahulu, seperti demam, badan terasa nyeri, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan hidung tersumbat. Selain itu, gejala flu yang dialami setiap orang juga bisa berbeda - beda tergantung dari tingkat keparahan penyakit yang diderita mulai dari ringan hingga parah. Organisasi kesehatan dunia atau WHO mencatat bahwa sekitar 5 - 10% orang dewasa dan sekitar 20 - 30% anak - anak terkena influenza, dan sebanyak 290.000 - 650.000 diantaranya meninggal dunia.

Penyakit flu bisa sangat mematikan jika terinfeksi atau bermutasi menjadi virus yang lebih kuat seperti flu burung, flu babi, flu singapura, dan berbagai jenis flu mematikan lainnya. Setiap wilayah biasanya juga memiliki penyakit flu endemik yang hanya terjadi di wilayah tersebut.


Oleh karena itu, anda perlu melakukan beberapa tips berikut ini supaya tidak tertular flu ketika sedang bepergian, diantaranya :

1. Pastikan tubuh sehat ketika melakukan perjalanan

Ketika tubuh anda mengalami kelelahan, maka saat itu juga sistem tubuh anda menjadi lemah. Hal itu berarti, pertahanan tubuh anda sedang menurun, sehingga tubuh anda sangat rentan terserang penyakit yang berasal dari luar tubuh. Jika kondisi anda sedang tidak sehat dan anda memiliki rencana untuk bepergian, sebaiknya anda harus menunda rencana bepergian anda untuk sementara waktu, hingga kondisi tubuh anda dirasa membaik. Bila perjalanan yang anda lakukan bersifat mendesak, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kondisi anda kepada dokter kepercayaan anda.

2. Selalu sedia obat - obatan

Usahakanlah untuk selalu menyediakan obat - obatan yang sering anda minum ketika bepergian. Hal ini bertujuan supaya ketika anda mengalami sakit atau tidak enak badan ketika sedang dalam perjalanan, anda dapat segera mengkonsumsi obat tersebut dan membuat tubuh anda sehat kembali. Obat - obatan yang harus selalu anda bawa ketika anda bepergian yaitu tisu, obat pereda nyeri, obat masuk angin, obat flu, obat penurun demam, dan hand sanitizer.

3. Selalu menggunakan masker


Selain menyiapkan obat - obatan, anda juga harus mengenakan masker selama dalam perjalanan. Hal ini bertujuan untuk mencegah anda tertular virus flu yang biasanya menyebar melalui udara. Virus flu dapat menular dari orang sakit ke orang sehat dengan mudah melalui tetesan air liur saat berbicara, batuk, atau bersin. Oleh karena itu, dengan menggunakan masker ketika sedang bepergian, anda bisa mencegah virus tersebut masuk kedalam saluran pernapasan anda.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search