Thursday, December 5, 2019

Quinine : Obat Untuk Mengatasi Penyakit Malaria

Quinine : Obat Untuk Mengatasi Penyakit Malaria


Penyakit malaria adalah penyakit yang umum ditemukan di Negara - Negara tropis dan di Negara - Negara kepulauan seperti Indonesia. Secara medis, penyakit malaria merupakan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk dari manusia maupun hewan lain yang tertular oleh protozoa parasit yaitu jenis plasmodium. Penyakit malaria dapat menimbulkan beberapa macam gejala seperti demam, kelelahan, muntah, dan sakit kepala. Dalam kasus yang parah, penyakit malaria juga dapat menyebabkan kulit kuning, kejang, koma, hingga dapat berujung pada kematian. Gejala dari penyakit malaria biasanya muncul sekitar 10 sampai 15 hari setelah digigit nyamuk. Jika tidak segera diobati, penyakit ini bisa kambuh beberapa bulan kemudian. Penyakit malaria ditularkan oleh nyamuk anopheles betina yang terinfeksi parasit plasmodium. Gigitan nyamuk anopheles tersebut memasukkan parasit dari air liur nyamuk kedalam darah orang yang digigit.

Penyakit malaria dapat diobati dengan menggunakan berbagai jenis obat - obatan yang khusus digunakan untuk mengatasi malaria. Salah satu obat yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit malaria adalah quinine. Quinine merupakan obat yang dapat digunakan sendiri maupun bersamaan dengan obat lain untuk mengobati penyakit malaria. Parasit malaria dapat memasuki tubuh melalui gigitan nyamuk, dan hidup didalam jaringan tubuh manusia seperti di sel darah merah atau di dalam organ hati. Quinine digunakan untuk membunuh parasit malaria yang hidup didalam sel darah merah. Quinine termasuk kedalam kelas obat antimalaria. Obat ini dirancang khusus untuk membunuh parasit malaria, tetapi tidak bisa digunakan untuk mencegah penyakit tersebut.

Quinine merupakan obat yang dikonsumsi dengan cara diminum. Obat ini dapat dikonsumsi baik dengan makanan maupun tanpa makanan. Sebelum menggunakannya, bacalah petunjuk yang tertera pada kemasan dan selalu ikuti petunjuk dari dokter ataupun apoteker anda. Dosis dan lama pengobatan menggunakan quinine tergantung pada kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Jangan mengkonsumsi obat ini lebih banyak ataupun lebih sedikit dari yang disarankan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Quinine merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpan obat ini pada tempat yang lembab seperti di kamar mandi.


Dosis quinine untuk orang dewasa
  • 648 mg secara oral setiap 8 jam selama 7 hari.
  • Menurut panduan Centers for disease control and prevention : 542 mg base secara oral 3 kali sehari selama 3 - 7 hari.


Dosis quinine untuk anak - anak
  • 16 tahun keatas : 648 mg secara oral setiap 8 jam selama 7 hari.
  • 16 tahun kebawah : 8,3 mg base/kg secara oral 3 kali sehari selama 3 - 7 hari. Dosis untuk anak - anak tidak boleh melebihi dosis untuk orang dewasa.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, quinine juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat quinine, yaitu :
  • Sakit kepala, penglihatan kabur, perubahan dalam melihat warna.
  • Pusing ringan.
  • Sakit perut.
  • Lemah otot.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search