Thursday, December 5, 2019

Tips Mengatasi Demam Pada Balita

Tips Mengatasi Demam Pada Balita


Semua orang tua pasti sangat senang jika memiliki anak yang sehat dan aktif. Tetapi, jika anak anda sedang sakit, pastinya dia menjadi tidak aktif dan cenderung murung. Hati orang tua mana yang tega melihat anaknya terbaring sakit di kamar, sedangkan anak - anak lainnya tetap aktif bermain. Salah satu penyakit yang sering menyerang anak - anak adalah demam. Anak - anak, terutama bayi dan balita sangat rentan terserang berbagai penyakit, termasuk demam. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuhnya belum berkembang secara sempurna. Oleh karena itu, sebagai orang tua tentunya kita harus mengetahui cara mengatasi demam pada balita beserta cara mencegahnya. Tetapi, sebelum kita membahas cara mengatasi demam pada balita, sebiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang kondisi demam.

Demam merupakan suatu kondisi peningkatan suhu tubuh sementara dalam menanggapi penyakit dan rasa sakit. Menurut Harvard medical school, kondisi ini merupakan cara tubuh yang paling efektif dalam mengatasi infeksi. Demam yang terjadi pada balita umumnya merupakan tanda - tanda awal bahwa tubuh sedang melakukan perlawanan terhadap infeksi yang datang dari luar. Serangan tersebut biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Oleh karena itu, demam menjadi salah satu gejala atau tanda ketika tubuh terserang suatu penyakit. Terlebih lagi jika penyakit tersebut disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, baik yang bersifat ringan maupun berat. Ketika ada serangan virus atau bakteri dari luar tubuh, tubuh balita biasanya akan bereaksi dengan terjadinya peningkatan suhu, sehingga balita tersebut mengalami demam.

Sebenarnya, kondisi demam bisa sembuh dengan sendirinya. Tetapi, jika suhu tubuh balita terus meningkat dan mencapai angka diatas 38 derajat celcius, segera berikan air putih untuknya supaya tubuhnya tetap terhidrasi dan tetap mendapatkan asupan cairan yang cukup. Apabila demam pada balita tidak kunjung hilang, anda bisa memberikan penanganan dirumah terlebih dahulu, mulai dari memberikan obat tanpa resep dokter, serta mengompres kening balita. 


Anda juga dapat melakukan beberapa hal berikut ini untuk menurunkan demam yang terjadi pada balita, yaitu :

1. Mengompres dengan air hangat

Salah satu cara yang paling umum dilakukan utnuk menurunkan demam pada balita adalah dengan mengompreskan air hangat pada keningnya. Hal ini bertujuan untuk menurunkan suhu tubuh balita yang mengalami demam. Setelah dikompres, biasanya suhu tubuh balita akan turun untuk sementara waktu.

2. Memberi minum yang banyak

Balita sangat rentan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan ketika demam. Hal ini disebabkan karena ketika balita mengalami demam, tubuh balita akan mengeluarkan keringat yang lebih banyak dari biasanya. Oleh karena itu, pemberian asupan cairan yang cukup sangatlah penting untuk mengatasi demam yang terjadi pada balita.

3. Mengenakan pakaian yang tidak terlalu tebal

Untuk mencegah balita mengeluarkan keringat berlebihan, anda bisa mengenakan pakaian yang tipis pada anak anda. Pastika pula balita anda beristirahat di ruangan yang nyaman, dengan suhu yang tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas.

4. Memberikan obat penurun panas


Anda juga bisa memberikan obat penurun panas kepada anak anda ketika mengalami demam. Baik obat yang dijual bebas di warung - warung, maupun obat yang dijual di apotek. Pilihlah obat yang mengandung ibuprofen dan paracetamol. Selain dapat menurunkan suhu tubuh, kedua jenis obat tersebut juga dapat meredakan gejala - gejala yang dialami oleh anak anda, seperti pusing, badan terasa tidak nyaman, dan sakit kepala. Dengan demikian, diharapkan balita anda dapat pulih secepatnya dan bisa beraktivitas seperti sebelumnya.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search