Thursday, November 28, 2019

Ketahui Manfaat Kacang Kenari Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Kacang Kenari Bagi Kesehatan


Kacang merupakan makanan yang renyah dan paling cocok dikonsumsi sebagai pendamping kopi pada pagi hari. Selain itu, kacang - kacangan juga merupakan makanan yang kaya akan nutrisi bagi tubuh. Salah satu jenis kacang - kacangan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan adalah kacang kenari. Kacang kenari atau lebih dikenal dengan nama kacang walnut merupakan kacang yang berasal dari berbagai pohon bergenus juglans. Badan kacang kenari memiliki alur yang tidak teratur dan sekilas mirip otak manusia versi mini, yang diselimuti oleh cangkang yang agak tebal. 


Setiap butir kacang kenari atau kacang walnut memiliki kandungan sebagai berikut, yaitu :
  • 200 kalori
  • 3,8 gram karbohidrat
  • 1 gram gula
  • 2 gram serat
  • 5 gram protein
  • 20 gram lemak
  • 20 mg kalsium

Kacang kenari juga mengandung berbagai zat lainnya seperti mangan, tembaga, magnesium, fosfor, vitamin B6 dan zat besi. Tidak hanya itu, kacang kenari juga merupakan sumber terbaik dari asam lemak omega 3 dan lemak tidak jenih tunggal. Selain kaya akan zat gizi, kacang kenari atau kacang walnut ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan manusia.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa anda peroleh jika mengkonsumsi kacang kenari, diantaranya :

1. Mengurangi peradangan

Peradangan yang terjadi didalam tubuh tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, kondisi peradangan tersebut ternyata dapat memicu terjadinya stress oksidatif yang pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan atau kerusakan pada sel dan jaringan tubuh. Peradangan tersebut juga dapat berkembang menjadi berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, Alzheimer, dan berbagai jenis penyakit kronis lainnya jika tidak segera diobati. Tetapi, anda tidak perlu khawatir, Karena kacang kenari dapat mencegah terjadinya peradangan tersebut. Hal ini dikarenakan kacang kenari memiliki kandungan ellagitannin, yang merupakan salah satu senyawa polifenol. Ketika masuk kedalam usus, bakteri baik yang ada didalamnya akan memproses allagitannin dan dirubah menjadi senyawa urolithin, yang menurut penelitian dapat melindungi tubuh terhadap peradangan dan stress oksidatif.

2. Mengendalikan berat badan

Banyak orang yang mengira bahwa kacang kenari termasuk jenis kacang - kacangan yang mengandung lemak dalam jumlah tinggi serta menjadi penyebab utama dari naiknya berat badan. Padahal, kenyataannya tidaklah seperti itu. Kandungan lemak yang ada didalam kacang kenari merupakan kandungan lemak baik  yang justru baik dan aman bagi berat badan. Jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat, kecang kenari justru dapat membantu mengendalikan berat badan. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa kacang kenari bisa membantu menahan lapar dan menurunkan nafsu makan pada orang yang gemuk.

3. Baik untuk otak

Selain karena bentuknya yang mirip dengan otak manusia, ternyata kacang kenari juga bermanfaat untuk kesehatan otak. Hal ini karena kacang kenari mengandung lemak tak jenuh ganda, polifenol, dan vitamin E yang dapat membantu mengurangi kerusakan oksidatif dan peradangan yang terjadi pada otak.


Anda bisa menemukan kacang kenari di supermarket, toko bahan makanan, atau di toko online. Kecang kenari bisa dikonsumsi secara utuh ataupun dijadikan campuran bahan makanan lain seperti smoothies, jus buah, oatmeal, maupun es krim rendah lemak. Namun, harus and apastikan bahwa kacang kenari yang anda konsumsi tidak mengandung garam tambahan. Pasalnya, snack kacang yang biasa dijual dipasaran umumnya sudah ditambahkan garam agar rasanya lebih gurih. Hal ini justru dapat membuat anda mengkonsumsi garam berlebihan dan meningkatkan risiko terjadinya hipertensi. 




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search