Friday, December 6, 2019

Mengenal Proses Destilasi Minyak Atsiri

Mengenal Proses Destilasi Minyak Atsiri


Seperti yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya, minyak atsiri memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Kandungan senyawa yang ada didalam minyak atsiri diketahui dapat melegakan saluran pernapasan, meredakan batuk, hingga mencegah gigitan serangga. Tetapi, tahukah anda bagaimana cara memperoleh minyak atsiri? Minyak atsiri tidak bisa diperoleh begitu saja dan harus melalui beragam proses. Proses untuk memperoleh minyak atsiri disebut dengan destilasi atau penyulingan. Proses destilasi atau penyulingan ini pun memiliki banyak jenis yang tentunya dapat berpengaruh pada kualitas minyak atsiri tersebut. Minyak atsiri merupakan minyak yang dihasilkan oleh tanaman dan memiliki sifat mudah menguap pada suhu kamar serta memiliki rasa getir dan bau wangi sesuai dengan tanaman penghasilnya.

Minyak atsiri umumnya hanya dapat larut dengan pelarut organik dan tidak dapat larut didalam air. Minyak atsiri memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, diantaranya :
  • Sebagai aroma terapi
  • Sebagai bahan antiseptic
  • Sebagai obat gosok

Bagian tanaman yang bisa dambil minyak atsirinya adalah daun, bunga, biji, akar, dan kulit. Untuk mengambil minyak atsiri dari bagian - bagian tanaman tersebut, dapat dilakukan dengan beberapa macam metode, seperti penyulingan atau destilasi, ekstraksi dengan pelarut penguap, ekstraksi dengan lemak panas, ekstraksi dengan lemak dingin, dan pengepresan. Pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas mengenai cara mengambil minyak atsiri dengan proses destilasi. Destilasi merupakan salah satu metode fisika - kimia yang digunakan untuk mengambil minyak atsiri. Prinsip proses destilasi adalah memisahkan komponen - komponen suatu campuran ayng terdiri atas dua cairan atau lebih berdasarkan tekanan uap atau perbedaan titik didih pada berbagai komponen tersebut.

Untuk mendapatkan minyak atsiri, anda harus melakukan proses destilasi. Salah satu jenis destilasi yang sering digunakan adalah hidrodestilasi.


Berikut ini merupakan penjelasan tentang proses hidrodestilasi :

Hidrodestilasi merupakan proses penyulingan suatu campuran ayng berwujud cairan dan tidak saling bercampur sehingga membentuk dua fasa atau dua lapisan yang berbeda jenis. Proses ini membutuhkan bantuan air atau uap air. Berdasarkan cara penanganan bahan yang diproses, hidrodestilasi memiliki 3 jenis metode, yaitu :
  • Destilasi air (perebusan). Dalam proses destilasi air atau perebusan, bahan yang akan disuling direbus terlebih dahulu didalam air mendidih. Dalam proses perebusan ini, minyak atsiri akan menguap bersama dengan uap air. Untuk mengumpulkannya, dibutuhkan alat yang disebut kondesor. Kondesor merupakan alat yang berfungsi untuk mengembunkan uap air dan uap minyak atsiri untuk selanjutnya ditampung dalam suatu wadah dan dipisahkan antara minyak dengan air. Bahan yang biasanya diproses dengan metode perebusan adalah bunga mawar dan kulit jeruk.
  • Destilasi uap dan air (pengukusan). Metode ini disebut juga sebagai pengukusan karena menempatkan bahan tanaman ayng akan disuling dalam wadah yang konstruksinya mirip dengan dandang atau pengukus. Untuk menjalankan prosesnya, anda harus mendidihkan air terlebih dahulu dengan alat pengukus tadi. Lalu, minyak atsiri akan ikut bersama aliran uap yang dialirkan menuju kondesor atau pengembun. Minyak atsiri yang dihasilkan melalui metode ini memiliki mutu yang tinggi. Namun, prosesnya harus selalu dikontrol supaya temperaturnya hanya cukup untuk memaksa bahan melepaskan minyak atsiri bukan membakar bahan.
  • Destilasi uap langsung. Prinsi kerja metode ini adalah bahan - bahan dialiri dengan uap dari suatu pembangkit uap. Alat yang digunakan disebut dengan alat suling uap langsung. Uap yang dihasilkan memiliki tekanan yang lebih besar dari atmosfer sehingga uap yang dihasilkan nantinya akan dialirkan kedalam alat penyulingan sehingga minyak atsiri akan terbawa oleh aliran uap air dan akan didalirkan menuju kondesor untuk diembunkan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search