Friday, December 6, 2019

Ketahui Minyak esensial alami Yang Dapat Digunakan Untuk Meredakan Batuk

Ketahui Minyak esensial alami Yang Dapat Digunakan Untuk Meredakan Batuk


Minyak atsiri atau yang juga dikenal minyak esensial merupakan kelompok besar minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruang, namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas. Minyak esensial merupakan bahan dasar wangi - wangian ataupun bahan pengobatan tradisional yang biasa digunakan sebagai obat gosok ataupun diencerkan untuk diminum. Salah satu kegunaan minyak esensial adalah dapat digunakan untuk mengobati serta meredakan batuk. Seperti kita ketahui bersama bahwa batuk merupakan kondisi kesehatan umum yang dapat terjadi pada semua orang. Kondisi batuk bisa berlangsung dari ringan hingga berat. Untuk meredakan batuk, biasanya kita akan mengkonsumsi obat batuk untuk meredakannya. Tetapi, terlalu sering mengkonsumsi obat juga tidak baik, karena dapat menyebabkan ketergantungan.

Sebelum menggunakan obat, anda bisa menggunakan beberapa jenis minyak esensial untuk meredakan batuk yang sedang anda alami.


Berikut ini merupakan beberapa jenis minyak esensial yang bisa anda gunakan untuk meredakan batuk, yaitu :

1. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih atau yang memiliki nama ilmiah cajuput oil merupakan minyak yang diperoleh dari proses penyulingan daun pohon kayu putih. Minyak kayu putih sering digunakan untuk menghangatkan badan, mengobati gigitan serangga, serta untuk melegakan pernapasan. Berbagai manfaat dari minyak kayu putih bisa diperoleh karena minyak kayu putih memiliki kandungan senyawa eucalyptol yang memiliki sifat anti mikroba, sehingga dapat melawan bakteri penyebab penyakit. Eucalyptol juga dapat membantu mengurangi peradangan, mengurangi rasa sakit, dan meredakan ketegangan otot yang dapat disebabkan oleh pilek dan flu.

2. Minyak rosemary

Rosemary merupakan tumbuhan yang mudah ditemukan terutama pada dataran tinggi. Minyak rosemary diperoleh dari proses penyulingan daun rosemary sehingga diperolehlah minyak rosemary murni. Minyak rosemary diketahui memiliki kandungan senyawa cineole, yang dapat membantu mengencerkan lendir dan mengurangi peradangan. Selain itu, minyak rosemary juga dapat menenangkan otot - otot di saluran pernapasan anda, melegakan pernapasan anda, dan dapat juga digunakan sebagai obat asma.

3. Minyak peppermint

Minyak peppermint merupakan minyak esesnsial yang diperoleh dengan cara menyuling daun mint untuk mendapatkan minyak peppermint murni. Minyak peppermint memiliki kandungan mentol yang membuat minyak ini mampu memunculkan sensasi dingin yang dapat menenangkan atau meredakan tenggorokan yang gatal. Selain itu, sebuah penelitian juga menemukan fakta bahwa orang sehat yang menghirup minyak peppermint dapat melemaskan otot - otot batang tenggorokan dan pada akhirnya dapat meredakan batuk yang anda alami.

4. Minyak oregano

Minyak oregano merupakan minyak esensial yang memiliki kandungan carvacol yang diketahui memiliki fungsi untuk melawan berbagai jenis bakteri atau virus penyebab batuk. Oleh karena itu, minyak oregano dipercaya dapat meredakan batuk dan berbagai masalah pernapasan lainnya.

5. Minyak geranium


Bunga geranium merupakan salah satu jenis tanaman yang tidak disukai nyamuk, sehingga bunga geranium seringkali digunakan sebagai obat pembasmi nyamuk. Tetapi, bunga geranium juga bisa diolah menjadi minyak esensial yang dapat digunakan untuk meredakan batuk. Pemberian ekstrak geranium dalam bentuk cair diketahui dapat meredakan gejala pilek biasa dan memperpendek durasi penyakit.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search