Friday, December 6, 2019

Mucohexin : Obat Untuk Mengencerkan Dahak Dan Melegakan Pernapasan

Mucohexin : Obat Untuk Mengencerkan Dahak Dan Melegakan Pernapasan


Batuk merupakan salah satu bentuk respon tubuh ketika ada benda atau zat asing yang masuk kedalam saluran pernapasan. Kondisi ini merupakan salah satu gejala gangguan kesehatan yang sangat umum terjadi dan dapat terjadi pada siapapun. Batuk terbagi menjadi dua jenis, yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Batuk kering merupakan kondisi batuk dimana tidak terdapat lendir pada tenggorokan yang menjadi pemicu batuk. Batuk jenis ini terasa sangat sakit dan keras di bagian dada. Batuk kering umumnya disebabkan oleh adanya partikel debu yang masuk kedalam tenggorokan, terpapar polusi udara, hingga mengalami gangguan paru - paru. Sedangkan batuk berdahak merupakan batuk yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, maupun jamur yang menyerang saluran pernapasan.

Pada kondisi batuk berdahak, batuk tersebut dipicu oleh adanya lendir atau dahak pada organ tenggorokan. Oleh karena itu, untuk meredakan kondisi batuk berdahak, diperlukan obat untuk memecah atau mengencerkan dahak yang ada pada tenggorokan. Salah satu obat yang dapat digunakan untuk mengencerkan dahak pada kondisi batuk berdahak adalah mucohexin. Mucohexin merupakan sebuah merek obat yang tersedia dalam bentuk sirup dan tablet. Obat ini mengandung bromhexine sebagai bahan utamanya. Bromhexine sendiri merupakan golongan obat yang termasuk kedalam jenis obat yang disebut agen mukolitik. Agen mukolitik bekerja dengan cara mengencerkan dahak yang ada pada saluran pernapasan. Selain digunakan untuk mengatasi batuk berdahak, obat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi medis lainnya seperti flu biasa, infeksi pada saluran pernapasan, influenza dan berbagai jenis gangguan pernapasan lainnya.

Mucohexin merupakan obat yang digunakan dengan cara diminum. Jika anda memperoleh obat ini dengan resep dokter, maka anda diharuskan untuk mematuhi petunjuk dari dokter. Tetapi, jika anda memperoleh obat ini tanpa resep, maka anda harus mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan. Obat ini dapat dikonsumsi baik sebelum makan maupun sesudah makan. Jangan menggunakan obat ini lebih dari dosis yang dianjurkan. Durasi penggunaan obat ini tergantung dari kondisi kesehatan anda. Tetapi, jika setelah 4 - 5 hari menggunakan obat kondisi anda tidak juga membaik, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Mucohexin merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis mucohexin untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk batuk berdahak : Dua sendok teh, diminum tiga kali sehari.


Dosis mucohexin untuk anak - anak

Dosis anak - anak untuk batuk berdahak :
  • Anak usia 10 tahun keatas : dua sendok teh, tiga kali sehari.
  • Anak usia 5 - 10 tahun : satu sendok teh, tiga kali sehari.
  • Anak usia 2 - 5 tahun : setengah sendok teh, tiga kali sehari.
  • Anak usia dibawah 2 tahun : seperempat sendok teh, tiga kali sehari.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, mucohexin juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat mucohexin, yaitu :
  • Perut kembung
  • Diare
  • Sakit kepala
  • Sembelit
  • Mual
  • Berkeringat
  • Ruam kulit




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search