Tuesday, January 7, 2020

Ketahui Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Lidah Buaya

Ketahui Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Lidah Buaya


Lidah buaya atau tanaman yang memiliki nama ilmiah aloevera merupakan sejenis tumbuhan yang telah dikenal sejak ribuan tahun silam dan sering digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan dapat juga digunakan sebagai perawatan kulit. Berdasarkan hasil penelitian, tanaman lidah buaya kaya akan kandungan berbagai macam nutrisi seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan beragam komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain dikenal sebagai tanaman penyubur rambut, lidah buaya juga dikenal sebagai bahan alami yang dapat digunakan untuk meredakan peradangan, luka bakar ringan, serta mempercepat penyembuhan luka kecil.

Selain digunakan sebagai penyubur rambut, tanaman lidah buaya juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Hal ini karena tanaman lidah buaya memiliki efek sejuk dan melembabkan pada kulit. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa ketombe berawal dari penumpukan minyak, kotoran, serta sel kulit mati yang mengering.


Ketika gel dari tanaman lidah buaya digunakan pada kepala anda, maka lidah buaya beraksi dengan cara berikut :
  • Melembabkan kulit kepala yang kering sehingga tidak berubah menjadi ketombe.
  • Mengurangi peradangan pada kulit kepala melalui kandungan enzim dan senyawa anti peradangan.
  • Membersihkan rambut dan kulit kepala dari minyak berlebih.
  • Melindungi sel kulit kepala dari kerusakan karena adanya kandungan antioksidan.
  • Mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat memperparah ketombe.


Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan ketombe dengan tanaman lidah buaya, yaitu :

1. Gel lidah buaya

Tanaman lidah buaya memiliki semacam gel yang ada didalam pohonnya. Untuk mendapatkan gelnya, anda harus mengupas atau mengiris kulit dari tanaman tersebut. Setelah mendapatkan gel lidah buaya, lalu oleskan gel tersebut pada kulit kepala anda dengan lembut dan merata. Lalu biarkan selama 30 - 60 menit agar gel lidah buaya tadi menyerap. Kemudian, bilaslah rambut anda dengan shampoo hingga seluruh gel hilang. Lakukan cara ini sebanyak 2 - 3 kali setiap minggu.

2. Masker lidah buaya dan minyak eukaliptus

Campuran antara lidah buaya dan minyak eukaliptus diketahui dapat menghilangkan ketombe dengan cara mencegah terjadinya peradangan pada kulit kepala. Siapkan 4 sendok makan gel lidah buaya dan 2 - 3 tetes minyak eukaliptus serta campurkan hingga rata. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala anda, mulai dari akar hingga ujung rambut. Biarkan selama 30 - 60 menit, lalu bilas dengan air bersih. Ulangi perawatan ini sebanyak 2 - 3 kali dalam seminggu.

3. Masker lidah buaya dan minyak zaitun


Minyak zaitun diketahui memiliki kandungan nutrisi yang dapat melembabkan kulit kepala. Selain itu, minyak zaitun juga diketahui memiliki kandungan antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur pada kulit kepala yang dapat membuat ketombe semakin parah. Cara membuat masker lidah buaya dengan minyak zaitun adalah dengan mencampurkan kedua bahan tersebut dan tambahkan 1 sendok yoghurt. Lalu, oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan rambut anda, kemudian tutupi kepala anda dengan shower cap. Biarkan selama 30 - 40 menit, lalu bilas hingga bersih.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search