Tuesday, January 7, 2020

Ketahui Cara Tepat Untuk Mengatasi Mata Gatal

Ketahui Cara Tepat Untuk Mengatasi Mata Gatal


Pernahkah anda mengalami rasa gatal yang tidak tertahankan pada mata anda? Semua orang pasti pernah mengalaminya. Sebagian besar orang mungkin akan langsung mengucek matanya ketika mengalami gatal. Padahal, hal tersebut bukanlah cara yang tepat dan aman untuk mengatasi mata gatal. Mengucek mata justru dapat membuat mata anda mengalami iritasi dan membuat mata anda berwarna merah. Hal tersebut tentunya dapat membuat anda menjadi merasa tidak nyaman dan dapat mengakibatkan terjadinya luka atau infeksi pada mata. Mata gatal bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti karena paparan debu dan polusi di luar ruangan, hingga karena ada benda asing yang masuk kedalam mata.

Untuk mengatasi rasa gatal pada mata tanpa harus menguceknya, anda bisa menggunakan beberapa cara dan bahan - bahan berikut ini, yaitu :

1. Kompres air dingin

Air dingin merupakan salah satu media yang bisa anda gunakan untuk mengatasi mata gatal. Hal ini karena air dingin akan memberikan rasa sejuk dan segar pada mata anda, sekaligus dapat membersihkan mata anda dari berbagai kotoran dan debu yang masih menempel di mata anda. Anda hanya perlu menempelkan kain yang sudah dibasahi dengan air dingin pada kelopak mata anda untuk meringankan dan menghilangkan rasa gatal yang anda alami. Jika perlu, anda juga bisa membungkus es didalam kain untuk mengompres mata anda.

2. Memakai chamomile

Chamomile merupakan tanaman yang memiliki sifat anti alergi yang bisa anda gunakan untuk mengatasi rasa gatal pada mata secara efektif. Cara untuk menggunakannya pun terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan sekantong teh chamomile kedalam air hangat selama 5 menit. Lalu, gunakan rendaman air teh yang sudah dingin untuk membilas mata dan meringankan rasa gatal yang terjadi pada mata anda.

3. Menggunakan ketimun

Timun merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai lalapan dan juga diketahui memiliki khasiat untuk menghilangkan kantung mata. Tetapi, ternyata buah timun juga memiliki manfaat lain, yatu dapat digunakan untuk mengatasi rasa gatal pada mata anda. Hal ini karena buah timun memiliki kandungan anti oksidan dan anti iritasi didalamnya. Untuk menggunakannya, anda hanya perlu menyimpan potongan timun didalam kulkas selama 15 menit dan kemudian meletakkan potongan timun dingin ini pada mata anda selama 10 menit.

4. Lidah buaya


Selain dikenal sebagai bahan alami penyubur rambut, lidah buaya juga diketahui memiliki khasiat untuk meredakan rasa gatal yang disebabkan berbagai hal. Hal ini karena tanaman lidah buaya memiliki sifat yang dapat menenangkan secara alami karena adanya kandungan phytonutrisi didalamnya. Untuk  menggunakannya, anda perlu mencampurkan jus lidah buaya dan dinginkan selama 30 menit. Lalu, celupkan dua bola kapas didalamnya dan letakkan pada setiap mata yang gatal. Biarkan selama 10 - 15 menit kemudian angkat. Lakukan cara ini beberapa kali hingga rasa gatal pada mata anda mereda.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search