Tuesday, January 7, 2020

Ketahui Bahan Alami Untuk Mengatasi Gatal Karena Alergi

Ketahui Bahan Alami Untuk Mengatasi Gatal Karena Alergi


Pernahkah anda mengalami rasa gatal yang tidak tertahankan ? Rasa gatal ini dapat timbul dan disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah karena alergi. Gatal Karena alergi biasanya disebabkan karena alergi dingin, alergi debu, maupun alergi bulu binatang. Gatal karena alergi juga biasanya menimbulkan ruam kemerahan dan sedikit bentol - bentol yang dapat menyebar dengan cepat jika digaruk. Kebanyakan orang menganggap bahwa dengan menggaruk kulit yang gatal, maka rasa gatal tersebut akan hilang. Padahal, faktanya tidaklah demikian. Hal yang terjadi ketika anda menggaruk kulit yang gatal karena alergi adalah justru rasa gatal dan bentol - bentol tersebut menyebar ke bagian tubuh lain, bahkan dapat menyebar keseluruh bagian tubuh. Oleh karena itu, hindarilah kebiasan menggaruk ketika gatal karena alergi.

Untuk mengatasi gatal karena alergi, usahakan anda jangan menghilangkan gatal tersebut dengan digaruk karena justru dapat memperparah keadaan. Anda bisa menggunakan beberapa bahan yang tersedia dirumah anda maupun dengan mengkonsumsi obat alergi.


Berikut ini merupakan beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi gatal karena alergi, yaitu :

1. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang dikenal sebagai penyubur rambut. Tetapi, ternyata tanaman ini memiliki manfaat lain selain sebagai penyubur rambut yaitu juga dapat digunakan untuk mengatasi gatal karena alergi. Hal ini dikarenakan tanaman lidah buaya mengandung zat anti inflamasi yang dapat mempercepat proses pemulihan, menenangkan, serta menjadikannya sebagai salah satu obat alami terbaik untuk mengatasi gatal karena alergi. Untuk menggunakannya, anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada area yang terkena alergi. Diamkan selama 30 menit dan bilas lah dengan air hingga bersih.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa sudah dikenal sebagai obat luka bakar ringan tradisional yang sering digunakan untuk mengobati luka bakar pada anak - anak. Selain sebagai obat luka bakar, minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi rasa gatal akibat alergi. Manfaat minyak kelapa ini bisa anda dapatkan karena minyak kelapa diketahui memiliki kandungan medium chain fatty acids yang dapat membantu meredakan alergi, kulit kering dan kulit bersisik. Untuk menggunakannya, anda perlu memanaskan satu sendok teh minyak kelapa murni, lalu oleskan pada area kulit yang bermasalah. Biarkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat, lalu keringkan. Lakukan cara ini sebanyak tiga sampai empat kali sehari hingga alergi yang anda alami sembuh atau hilang.

3. Jahe


Jahe merupakan salah satu jenis rempah yang sering digunakan sebagai bumbu dapur dan juga bisa diolah menjadi berbagai makanan maupun minuman tradisional seperti permen jahe dan wedang jahe. Jahe juga diketahui memiliki khasiat untuk menghangatkan tubuh dan dapat meredakan sakit perut. Tetapi, manfaat jahe tidak sampai disitu saja. Jahe juga diketahui dapat digunakan untuk mengatasi gatal - gatal karena alergi. Hal ini karena jahe memiliki sifat anti mikroba dan antiinflamasi yang sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis alergi. Untuk menggunakannya, anda harus memarut sepotong jahe terlebih dahulu dan rebus lah dengan secangkir air mendidih selama 5 menit. Setelah dingin, saringlah air rebusan jahe tersebut. Kemudian oleskan air rebusan jahe tersebut dengan menggunakan bola kapas ke area yang terkena alergi. Diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih. Ulangilah cara ini sebanyak 3 sampai 4 kali sehari hingga alergi tersebut benar - benar hilang.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search