Tuesday, January 7, 2020

Celecoxib : Obat Ampuh Dan Efektif Untuk Meredakan Nyeri

Celecoxib : Obat Ampuh Dan Efektif Untuk Meredakan Nyeri


Nyeri merupakan salah satu kondisi gangguan kesehatan yang pernah dialami oleh semua orang. Nyeri terdiri dari bermacam - macam jenis dan penyebabnya seperti nyeri sendi, nyeri otot, nyeri perut, nyeri haid, dan sebagainya. Terkadang, rasa nyeri ini sangat terasa bahkan terkesan menyiksa hingga tubuh merasakan sakit yang luar biasa ketika kondisi nyeri ini kambuh. Ketika belum ada pengobatan modern, orang zaman dahulu biasa meredakan nyeri dengan berbagai cara tradisional seperti melakukan kompres pada area yang mengalami nyeri dan mengkonsumsi berbagai obat - obatan herbal. Tetapi, kini anda tidak perlu cemas dan khawatir ketika mengalami nyeri. Untuk meredakannya, anda hanya perlu mengkonsumsi obat pereda nyeri yang banyak dijual di apotek, salah satunya adalah celecoxib.

Celecoxib merupakan merupakan obat golongan NSAID (Non steroid anti inflammation drugs) yang sering digunakan untuk meredakan nyeri akibat kondisi arthritis, kram karena menstruasi, dan polip kolon. Celecoxib bekerja dengan cara menghambat enzim COX-2. Enzim COX-2 sendiri merupakan enzim yang bertugas sebagai katalis yang mengkonversi asam arakidonat menjadi prostaglandin. Obat ini juga sering digunakan untuk meringankan rasa sakit akibat osteoarthritis, reumathoid arthritis, menstruasi, reumathoid arthritis juvenil, dismenore, mengobati berbagai gejala penyakit spondilitis ankilosa dan digunakan untuk mengurangi jumlah polip usus dan rektum yang terjadi pada penderita poliposis adenomatosa familial.

Colicoxib merupakan obat yang tidak direkomendasikan penggunaannya untuk ibu menyusui, karena obat tersebut dapat masuk kedalam ASI dan mempengaruhi kualitas ASI yang dihasilkan. Colicoxib juga harus dikonsumsi sesuai dengan arahan dari dokter anda atau berdasarkan dengan aturan yang tertera pada kemasan obat. Dosis colicoxib diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Colicoxib merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan didalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpan obat ini pada tempat yang lembab.

Dosis colicoxib untuk orang dewasa
  • Untuk nyeri akut dan dismenore primer. 400 mg obat colicoxib dikonsumsi secara oral setiap 12 jam.
  • Untuk spondilitis ankilosa. 200 mg oral dikonsumsi setiap 12 jam.
  • Untuk osteoarthritis. 200 mg oral dikonsumsi setiap 12 jam.
  • Untuk arthritis rematoid. 100 - 200 mg dikonsumsi secara oral setiap 12 jam.
  • Untuk poliposis adenatosus familial. 400 mg dikonsumsi secara oral setiap 12 jam.


Dosis colicoxib untuk anak - anak

Untuk juvenil rheumathoid arthritis :
  • Usia dibawah 2 tahun : Keamanan dan kemanjuran tidak diketahui.
  • Usia diatas 2 tahun : 50 mg setiap 12 jam.
  • Usia diatas 2 tahun dengan berat diatas 25 kg : 100 mg setiap 12 jam.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, obat colicoxib juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat colicoxib, yaitu :
  • Sakit kepala
  • Hipertensi
  • Demam
  • Dispepsia
  • Diare




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search