Tuesday, January 7, 2020

Ketahui Manfaat Bayam Merah Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Bayam Merah Bagi Kesehatan


Semua orang pasti sudah sangat mengenal tanaman yang satu ini. Yups, bayam merupakan salah satu jenis sayur - sayuran yang memiliki kandungan gizi yang tidak main - main. Bahkan khasiat dari tanaman bayam digambarkan dalam film kartun popeye si pelaut sebagai sumber kekuatan popeye. Secara umum, bayam merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tanaman ini awalnya berasal dari amerika latin, lalu akhirnya menyebar ke seluruh dunia. Berdasarkan warna daunnya, bayam terbagi menjadi 2, yaitu bayam hijau dan bayam merah. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai manfaat bayam merah bagi kesehatan. Sedangkan, pembahasan mengenai manfaat bayam hijau akan dibahas pada artikel berikutnya.

Berbeda dengan jenis bayam hijau, nyatanya bayam merah belum begitu populer. Hal ini karena sebagian besar orang belum terbiasa mengkonsumsi bayam merah. Padahal, bayam merah juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat juga, seperti sayur bening, salad, maupun dapat dimakan langsung sebagai lalapan. Banyak orang yang berpendapat bahwa bayam merah memiliki rasa yang enak, lunak, dan dapat memberikan rasa dingin di perut serta mengandung zat besi dengan jumlah yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, bayam juga dikenal sebagai tanaman penambah darah. Selain mengandung zat besi, bayam merah juga kaya akan berbagai zat gizi lainnya seperti protein, lemak, karbohidrat, kalium, amarantin, betakaroten, vitamin A, C, E, asam folat, dan glutation.

Warna merah yang ada pada bayam merah berasal dari pigmen antosianin yang terkandung didalamnya. Pigmen antosianin sendiri merupakan pigmen merah keunguan yang memberikan warna merah pada bayam merah dan zat ini juga berperan sebagai antioksidan untuk menangkal berbagai efek radikal bebas. Oleh karena itu, tidak heran jika tanaman ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari tanaman bayam merah yang harus anda ketahui, yaitu :

1. Menyehatkan rambut

Tahukah anda bahwa bayam merah ternyata bermanfaat bagi kesehatan rambut ? Hal ini tidak lain karena adanya kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi, yang membuat bayam merah dapat menguatkan akar rambut dan membuat rambut menjadi lebih sehat. Untuk memanfaatkan bayam merah sebagai penguat rambut, anda bisa menggunakan perasaan air bayam merah yang dicampur dengan sedikit garam, lalu oleskan pada rambut anda. Lakukan hal ini setidaknya 3 kali dalam seminggu.

2. Baik dikonsumsi bayi

Bayam merah diketahui memiliki kandungan mineral, kalsium, dan vitamin B3 yang lebih tinggi dari bayam hijau. Hal ini membuat bayam merah menjadi salah satu jenis sayuran yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan bayi. Selain itu, bayam merah juga bermanfaat untuk menjaga perkembangan janin. Ibu hamil sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi bayam merah Karena kandungan gizi yang ada pada bayam merah diketahui dapat membantu tumbuh kembang janin menjadi lebih baik.

3. Mengobati anemia


Semua orang sudah mengetahui bahwa bayam merupakan tanaman yang kaya akan zat besi, tidak terkecuali bayam merah. Bayam merah memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi, sehingga tanaman ini juga dijuluki sebagai sayuran penambah darah. Jika anda mengkonsumsi bayam merah secara rutin, hal tersebut dapat meningkatkan kadar hemoglobin didalam darah anda dan juga dapat menjernihkan darah anda sehingga dapat meningkatkan aliran darah secara alami.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search