Tuesday, January 7, 2020

Ketahui Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan


Salam merupakan nama pohon penghasil daun yang digunakan sebagai rempah - rempah atau bumbu dalam masakan nusantara. Daun salam terutama digunakan sebagai rempah pengharum masakan di beberapa Negara asia tenggara. Daun salam dicampurkan dalam keadaan utuh, kering ataupun segar dan dimasak hingga makanan tersebuk matang. Daun salam memberikan aroma herba yang khas tetapi tidak keras. Dalam penggunaannya, daun salam sering dipadukan dengan rempah lengkuas untuk memberikan rasa masakan yang lebih lezat. Selain digunakan sebagai bumbu pengharum masakan, daun salam ternyata memiliki kegunaan lain, yaitu dapat digunakan sebagai obat tradisional. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih jauh mengenai manfaat rempah daun salam bagi kesehatan.

Daun salam merupakan tanaman herbal yang sering digunakan sebagai penyedap masakan karena memiliki aroma yang sangat khas. Selain itu, daun salam juga bisa digunakan sebagai obat untuk meredakan berbagai jenis penyakit seperti rematik, maag, telat haid, sakit perut, serta bisa digunakan sebagai ramuan pembasmi kecoa. Daun salam juga bisa diolah menjadi salep rubefacient yang berfungsi sebagai zat penghangat utnuk meningkatkan sirkulasi darah pada kulit. Buah dari pohon salam juga bisa digunakan untuk mengatasi fibroid rahim, sirosis, dan nyeri sendi. Daun salam juga bisa digunakan untuk mengendalikan kadar gula darah. Hali ni karena daun salam mengandung zat polifenol yang dipercaya dapat menurunkan jumlah gula darah bagi orang yang mengidap penyakit diabetes.

Daum salam juga diketahui memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C dalam jumlah tinggi. Selain itu, daun salam juga memiliki kandungan berbagai kandungan mineral didalamnya, seperti tembaga, selenium, besi, seng, mangan, magnesium, potassium, dan kalsium. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari daun salam, anda bisa mengolahnya menjadi pil herbal, maupun mengkonsumsi air rebusannya. Untuk membuat air rebusan daun salam, anda hanya perlu merebus 3 gelas air, kemudian tambahkan sepuluh lembar daun salam kedalamnya. Rebuslah campuran tersebut hingga tersisa 1 gelas dan minumlah secara rutin setiap hari. 


Ada banyak sekali manfaat yang bisa anda peroleh dari mengkonsumsi air rebusan daun salam, yaitu :

1. Mengobati batu ginjal

Batu ginjal merupakan penyakit yang disebabkan adanya timbunan garam nutrisi yang mengendap didalam ginjal. Timbunan garam tersebut lama kelamaan akan mengkristal dan dapat menyumbat ureter atau saluran kencing. Hal ini tentunya akan menimbulkan rasa skait ketika buang air kecil, dapat memicu terjadinya kencing berdarah, dan kencing batu. Jika anda mengalami kondisi ini, anda jangan terburu - buru untuk melakukan operasi. Selain karena biayanya yang mahal, prosedur operasi juga biasanya menimbulkan efek samping. Sebagai alternatif, anda bisa mencoba mengkonsumsi air rebusan daun salam secara rutin. Air rebusan daun salam sudah terbukti efektif dalam meluruhkan batu ginjal dan membuat ginjal anda tetap sehat dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

2. Mengobati darah tinggi

Selain dapat mengatasi penyakit batu ginjal, daun salam juga diketahui dapat digunakan untuk mengobati penyakit darah tinggi. Hal ini karena daun salam dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi atau peredarah darah sehingga darah dapat mengalir dengan lancar keseluruh tubuh.

3. Baik untuk penderita diabetes


Air rebusan daun salam diketahui baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini dikarenakan air rebusan daun salam dapat mengontrol kadar gula darah dan kadar kolesterol yang ada didalam tubuh. Selain itu, daun salam diketahui juga mengandung zat antioksidan yang dapat membantu tubuh dalam memproduksi insulin sehingga penyakit diabetes pun dapat dikendalikan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search