Tuesday, January 7, 2020

Mengenal Penyakit Tortikolis Dan Cara Mengobatinya

Mengenal Penyakit Tortikolis Dan Cara Mengobatinya


Sebagian orang mungkin masih asing dengan nama penyakit yang satu ini. Tortikolis mungkin masih terdengar asing pada kebanyakan orang. Penyakit tortikolis merupakan suatu kondisi terjadinya kontraksi otot halus pada seseorang. Kontraksi yang terjadi pada otot halus tersebut kemudian memicu terjadinya kelainan gerakan pada leher dan kepala sehingga membuat kepala dan leher condong pada salah satu sisi. Penyakit tortikolis merupakan penyakit yang dapat terjadi pada siapa saja, bahkan dapat terjadi pada bayi yang baru lahir. Penyakit tortikolis memang bukanlah penyakit mematikan, tetapi komplikasi akibat penyakit ini dapat menimbulkan rasa sakit yang kronis dan dapat memicu terjadinya pembungkukan tulang punggung.

Penyakit tortikolis merupakan penyakit yang penyebabnya bersifat idiopati atau tidak diketahui. Tetapi, penyakit ini juga diduga dapat terjadi karena adanya luka pada kepala. Gejala awal dari penyakit tortikolis biasanya diawali dengan kejang disertai dengan hilangnya kendali atas gerakan otot leher dan kepala sehingga menyebabkan terjadinya kelainan pada postur leher. Gerakan yang ditimbulkan oleh penyakit tortikolis dapat mendorong kepala dan leher ke berbagai arah.


Hal ini kemudian memunculkan berbagai jenis atau variasi dari penyakit tortikolis, yaitu :
  • Anterokolis : Postur leher yang bungkuk sebelum ditekuk.
  • Retrokolis : Kepala yang miring saat postur leher meregang.
  • Laterokolis : Kepala yang miring ke salah satu bahu

Penyakit tortikolis dapat menyebabkan terjadinya kejang otot yang sangat menyakitkan dan membuat anda merasa bahwa otot leher anda menjadi sangat kencang. Bersamaan dengan mengencangnya otot leher, masalah kesulitan menelan juga dapat terjaid disertai dengan timbulnya rasa sakit pada lengan anda. Meskipun penyakit ini tidak membahayakan nyawa, tetapi penyakit tortikolis dapat membuat sebagian orang menjadi depresi karena pandangan sosial dari bentuk leher yang tidak normal. Penyebab utama dari penyakit tortikolis masih belum bisa diketahui, tetapi sebagian orang percaya bahwa tortikolis disebabkan oleh gagalnya pembuatan saraf pengirim diotak.

Sebagian orang masih memperdebatkan mengenai penyebab pasti dari penyakit tortikolis. Bahkan beberapa orang berpendapat bahwa penyakit ini disebabkan karena faktor keturunan atau genetik. Pendapat ini dibuktikan dengan adanya luka yang terjadi secara mendadak pada kepala atau leher orang yang menderita penyakit ini. 


Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko anda terserang penyakit tortikolis, yaitu :
  • Memiliki sejarah keluarga yang menderita tortikolis.
  • Mengkonsumsi obat - obatan yang mempengaruhi tubuh.
  • Pernah mengalami luka pada leher.


Untuk mengatasi penyakit tortikolis, ada beberapa jenis pengobatan yang bisa diterapkan. Pengobatan terhadap penyakit tortikolis ditujukan untuk mengurangi atau menghilangkan kejang otot dan rasa sakit yang anda alami. Terapi fisik, bantalan penahan leher, dan biofeedback dapat membantu meringankan kondisi yang anda alami. Berbagai jenis obat - obatan juga dapat membantu meringankan kejang otot dan mengatur saraf pengirim. Tetapi, pengobatan terbaik untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan cara menyuntikkan sedikit toxin botulinum ke otot yang terserang. Toxin dapat mencegah terjadinya kejang otot dengan cara menghambat susunan saraf pengirim acetyholine.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search