Tuesday, January 7, 2020

Mengenal Berbagai Jenis Keju Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal Berbagai Jenis Keju Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Keju merupakan salah satu produk turunan susu yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Zaman dahulu, keju hanya dikonsumsi oleh orang eropa yang menjajah Indonesia, sedangkan masyarakat Indonesia kala itu hanya diperbolehkan mengkonsumsi singkong sehingga dikenal dengan sebutan anak singkong. Tetapi, sekarang keju dapat dikonsumsi oleh semua orang tanpa memandang status maupun golongan selama orang tersebut memang menyukai keju. Hal ini karena ada sebagian orang yang tubuhnya tidak bisa menerima keju dan akan bereaksi jika mengkonsumsi keju. Keju sendiri merupakan sebuah makanan yang dihasilkan dengan cara memisahkan zat - zat padat yang terkandung didalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan menggunakan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet. Hasil dari proses tersebut selanjutnya akan dikeringkan, diproses, dan di awetkan dengan berbagai macam metode dan cara untuk menghasilkan produk keju yang berkualitas dan beragam jenis.

Keju merupakan produk turunan susu yang dapat dibuat dengan menggunakan berbagai jenis susu seperti susu sapi, susu kambing, susu kerbau, maupun susu unta, tetapi produk keju yang paling umum dibuat dengan menggunakan susu sapi. Keju merupakan makanan yang sangat terkenal di seluruh dunia. Makanan ini diduga berasal dari wilayah timur tengah dan pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh pedagang arab. Meskipun berasal dari susu sapi, keju ternyata memiliki banyak sekali jenisnya berdasarkan proses pembuatannya. 


Berikut ini merupakan beberapa jenis keju yang banyak beredar di pasaran, yaitu :

1. Keju cheddar

Jika anda pernah berwisata kuliner dan menyantap mie dengan taburan keju diatasnya, keju tersebut merupakan jenis keju cheddar. Keju cheddar merupakan jenis keju yang paling mudah di temui. Keju cheddar memiliki tekstur yang lunak dan memiliki rasa yang sangat kuat. Keju jenis ini sering disajikan dengan cara diparut dan ditaburkan kedalam berbagai jenis hidangan seperti kue, mie, dan berbagai jenis makanan lainnya.

2. Keju mozzarella

Ketika anda hendak memakan pizza, cobalah perhatikan sejenak lelehan keju yang menjadi topping pizza tersebut. Keju yang sering digunakan sebagai topping pizza adalah jenis keju mozzarella. Keju mozzarella merupakan jenis keju yang berwarna putih dan beraroma samar. Keju ini umumnya disajikan dengan cara dilelehkan dan sering digunakan untuk topping pizza, lasagna, ataupun makaroni schotel.

3. Keju parmesan

Salad buah merupakan makanan sehat yang sangat menggugah selera. Terlebih lagi jika salad buah tersebut diberikan tambahan berupa taburan keju sebagai toppingnya. Keju yang sering dijadikan taburan untuk salad buah maupun jenis makanan lainnya adalah jenis keju parmesan. Keju parmesan merupakan jenis keju yang memiliki tekstur tidak rata serta berlubang - lubang. Keju parmesan memiliki warna kuning pucat, memiliki rasa yang asin serta beraroma sangat tajam. Keju parmesan sering digunakan sebagai bahan taburan untuk pizza, pasta, salad, maupun kastangel.

4. Keju edam

Sekilas, keju ini mirip seperti buah apel karena memiliki kulit yang berwarna merah dan berbentuk sama persis seperti buah apel. Keju edam memang jika dilihat sekilas mirip dengan buah apel. Keju ini memiliki rasa yang tidak begitu asin dan memiliki aroma yang tidak begitu kuat juga. Keju edam sering digunakan sebagai bahan campuran berbagai jenis kue seperti kastengel, sagu keju, dan berbagai jenis kue lainnya. Warna merah yang berbentuk seperti kulit pada keju edam berasal dari paraffin atau lapisan lilin yang berguna untuk menjaga aroma dan rasa pada keju edam.


Selain dapat diolah menjadi berbagai jenis hidangan yang lezat, maupun dapat disajikan sebagai topping atau pelengkap pada suatu hidangan, keju ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Hal ini karena keju memiliki berbagai jenis kandungan nutrisi yang ada pada susu seperti protein, vitamin, mineral, kalsium, serta fosfor. Tetapi, keju juga mengandung lemak dan kolestrol sehingga dapat menimbulkan masalah kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Selama tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, nyatanya keju juga bermanfaat dan dapat berdampak baik bagi kesehatan, seperti dapat melancarkan pencernaan, mencegah penyakit hati, memperbaiki mood dan memperbaiki fungsi otak.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search