Tuesday, February 4, 2020

Berotec : Obat Aerosol Untuk Melegakan Saluran Pernapasan

Berotec : Obat Aerosol Untuk Melegakan Saluran Pernapasan


Pernahkah anda mendengar kata aerosol ? lalu, apakah anda mengetahui apa yang dimaksud dengan aerosol? Dalam dunia farmasi, aerosol merupakan bentuk sediaan obat yang diberi tekanan, mengandung satu atau lebih zat aktif dalam wadah kemas tekan yang bila diaktifkan atau ditekan dapat memancarkan butiran - butiran cairan atau bahan - bahan padat dalam media gas. Penggunaan obat - obatan jenis aerosol sangat efektif untuk penderita gangguan pernapasan seperti pada penderita asma, hidung tersumbat, dan berbagai jenis gangguan pernapasan lainnya. Salah satu jenis obat aerosol yang bisa anda gunakan untuk meredakan gejala gangguan pernapasan adalah berotec.

Berotec merupakan obat yang termasuk kedalam jenis aerosol. Bahan aktif utama yang terkandung didalam obat berotec adalah fenoterol. Fenoterol sendiri merupakan obat yang dapat membantu merilekskan otot - otot saluran pernapasan sehingga bronkus atqau saluran napas dapat membesar sehingga melegakan saluran pernapasan. Obat ini sering digunakan untuk mengatasi penyakit asma akut atau berbagai masalah kesehatan lainnya yang berkaitan dengan penyakit paru - paru. Berbagai gangguan kesehatan yang terjadi pada paru - paru biasanya dapat mempersempit saluran pernapasan sehingga membuat seseorang mengalami kesulitan  bernapas. Oleh karena itu, diperlukan pengobatan menggunakan berotec untuk memperlancar saluran napas.

Berotec merupakan jenis obat resep yang hanya bisa dibeli di apotek dengan menggunakan resep dari dokter. Obat ini biasanya digunakan selama 15 menit atau sesuai dengan arahan yang diberikan oleh dokter anda. Hiruplah obat ini secara perlahan - lahan dari inhaler supaya anda mendapatkan manfaat yang maksimal dari obat ini. Dosis obat berotec yang anda gunakan ditentukan oleh dokter anda dengan mempertimbangkan kondisi kesehatan anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Berotec merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpan obat ini pada tempat yang lembab.


Dosis berotec untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk serangan asma akut : 1 kali penggunaan. Namun, dosis ini bisa berubah sesuai dengan kebutuhan.
  • Dosis dewasa untuk profilaksis exercise induced asthma : 1 - 2 kali penggunaan setiap hari. Maksimum penggunaan adalah 8 kali sehari.
  • Dosis dewasa untuk asma bronkus dan kondisi lainnya : 1 -2 kali penggunaan setiap harinya. Maksimum penggunaan adalah 8 kali dalam sehari.


Dosis berotec untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis berotec yang cocok dan pas untuk anak - anak. Jika anda ingin menggunakan obat ini untuk mengatasi penyakit asma pada anak - anak, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, obat berotec juga bisa menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan emrasakan efek samping akibat penggunaan obat berotec tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan berotec, yaitu :
  • Tubuh menggigil
  • Sakit kepala
  • Batuk
  • Pusing
  • Gugup



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search