Tuesday, February 4, 2020

Ketahui Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan


Rempah - rempah  merupakan bagian tumbuhan yang beraroma kuat yang digunakan dalam jumlah kecil baik sebagai bumbu masakan maupun sebagai pengawet makanan. Rempah - rempah juga menjadi salah satu alasan bangsa eropa dan menjajah Indonesia berabda - abad silam. Salah satu jenis rempah - rempah yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari - hari adalah ketumbar. Ketumbar merupakan salah satu bumbu atau rempah - rempah yang selalu ada di setiap rumah. Hal ini karena ketumbar termasuk bumbu utama dalam setiap masakan. Ketumbar memiliki aroma yang sangat khas. Aroma ini disebabkan karena adanya komponen kimia yang terdapat dalam minyak atsiri ketumbar. Komponen yang terkandung didalam minyak atsiri ketumbar diantaranya linalool, geraniol, geranil asetat, dan camphor.

Ketumbar merupakan salah satu komponen bumbu yang hampir ada diseluruh masakan Indonesia. Selain berfungsi sebagai pelezat masakan, ternyata ketumbar juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ketumbar dapat menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit seperti obesitas, diabetes, jantung, menjaga kesehatan kulit dan rambut, menambah energi, serta dapat menambah berat badan secara keseluruhan.


Berikut ini, merupakan beberapa manfaat yang bisa anda peroleh jika anda rutin mengkonsumsi atau mencampur ketumbar didalam masakan anda, yaitu :

1. Memiliki efek antikanker

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American journal of clinical nutrition mengungkapkan bahwa beberapa jenis rempah termasuk ketumbar diketahui dapat mencegah terjadinya pembentukan senyawa amina heterosiklik atau HCA saat memasak daging. The national cancer institute menetapkan HCA sebagai senyawa yang terbentuk saat daging dimasak dalam temperature tinggi. Mengkonsumsi makanan yang tinggi dengan kandungan HCA juga dapat meningkatkan risiko terserang penyakit kanker.

2. Dapat mencegah terjadinya peradangan

Ketumbar diketahui memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa antioksidan merupakan senyawa yang dapat menangkal serangan radikal bebeas dan dapat mencegah terjadinya peradangan akibat paparan radikal bebas tersebut. Beberapa penelitian juga menemukan fakta bahwa kandungan antioksidan yang ada pada biji ketumbar dapat menurunkan inflamasi dan memperlambat pertumbuhan sel kanker pada paru - paru, prostat, payudara, dan usus besar.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Biji ketumbar diketahui juga memiliki manfaat untuk menjagakesehatan jantung. Hal ini karena biji ketumbar berperan sebagai diuretic yang membantu tubuh dalam mengeluarkan kadar air dan natrium yang berlebih dari dalam tubuh. Hal in itentunya dapat membuat tekanan darah anda menjadi stabil dan membuat jantung anda senantiasa terjaga kesehatannya.

4. Menjaga kesehatan kulit


Tanaman ketumbar diketahui juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kali ini bukan biji ketumbar yang berperan, melainkan daun ketumbar. Daun ketumbar atau cilantro diketahui memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet. Hal ini tentunya dapat membuat kesehatan kulit anda tetap terjaga dan juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search