Tuesday, February 4, 2020

Ketahui Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan


Jika didaratan rumput dikenal sebagai gulma atau tanaman yang sangat mengganggu, lain halnya dengan rumput di lautan. Rumput laut merupakan tumbuhan yang hidup dan berkembang dilingkungan air asin atau lebih tepatnya di dasar laut. Menurut sudut pandang ilmu botani, penggunaan kata rumput laut dianggap rancu karena kata rumput laut igunakan untuk menyebut dua jenis tumbuhan yang berbeda. Rumput laut yang sering kita temui memiliki nama lamun. Lamun sendiri merupakan sejenis tumbuhan yang hidup didasar laut dan termasuk anggota tumbuhan berbunga yang telah beradaptasi untuk hidup sepenuhnya didalam lingkungan air asin. Lamun tumbuh secara berkelompok dan biasa menempati perairan laut yang hangat dan dangkal serta menghubungkan ekosistem mangrove dengan terumbu karang.

Rumput laut dapat diolah menjadi berbagai produk yang memiliki nilai ekonomis seperti diolah menjadi agar - agar, diolah menjadi bahan kosmetik, maupun diolah menjadi topping untuk es krim. Selain memiliki rasa yang lezat, rumput laut ternyata juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. 


Berikut ini merupakan beberapa manfaat kesehatan yang bisa anda peroleh jika rutin mengkonsumsi rumput laut, yaitu :

1. Membantu menurunkan berat badan

Beberapa jenis rumput laut diketahui memiliki kandungan pigmen fucoxanthin yang diketahui dapat membantu proses metabolisme tubuh untuk merubah lemak menjadi energi. Pernyataan tersebut diperkuat oleh hasil penelitian yang dipublikasikan dalam food chemistry yang menyatakan bahwa alginate atau serat alami yang terdapat pada rumput laut cokelat dapat membantu menghalangi penyerapan lemak pada usus.

2. Mepercepat proses penyembuhan luka

Selain dapat digunakan untuk mengendalikan berat badan, rumput laut ternyata juga bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Manfaat rumput laut yang satu ini bisa diperoleh karena rumput laun memiliki kandungan vitamin K yang sangat melimpah. Vitamin K merupakan jenis vitamin yang dapat berkordinasi dengan trombosit untuk membentuk gumpalan atau pembekuan darah yang pada akhirnya dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

3. Membantu melawan penyakit

Rumput laut merupakan tanaman yang kaya akan berbagai jenis vitamin dan mineral penting seperti magnesium, copper, zinc, riboflavin, niacin, thiamine dan berbagai jenis antioksidan. Seperti yang kita ketahui bahwa antioksidan berfungsi untuk mencegah kerusakan tubuh akibat paparan radikal bebas, serta baik untuk kesehatan sistem kardiovaskular.

4. Dapat membantu mencerahkan kulit


Tidak hanya untuk kesehatan tubuh bagian dalam, rumput laut ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Kandungan nutrisi yang ada pad arumput laut diketahui bisa mengurangi kerusakan kulit akibat berjemur dibawah sinar matahari dan menjaga warna kulit tetap merata dan terlihat sehat. 



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search