Tuesday, February 4, 2020

Carvedilol : Obat Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Carvedilol : Obat Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Penyakit tekanan darah tinggi atau yang kita kenal dengan hipertensi merupakan salah satu penyakit yang sudah umum terjadi di Indonesia. Tekanan darah tinggi sendiri memiliki pengertian yaitu kekuatan aliran darah dari jantung yang mendorong dinding pembuluh darah atau arteri. Kekuatan tekanan darah seseorang bisa berubah - ubah dari waktu kewaktu tergantung dari aktivitas apa yang sedang dijalani, misalnya sedang berolahraga, maupun sedang beristirahat. Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi ketika tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 mmHG. Penyakit tekanan darah tinggi juga erat kaitannya dengan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah seseorang. Tersumbatnya pembuluh darah bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah karena adanya timbunan lemak didalam pembuluh darah yang membuat pembuluh darah menjadi menyempit bahkan tersumbat.

Jika dibiarkan begitu saja, penyumbatan pada pembuluh darah akan berkembang menjadi penyakit tekanan darah tinggi dan kemudian berkembang lagi menjadi penyakit yang lebih mematikan yaitu penyakit stroke dan serangan jantung. Oleh karena itu, anda harus selalu menjaga tekanan darah anda supaya tetap dalam kondisi normal. Jika anda sudah terlanjur terserang penyakit tekanan darah tinggi, anda bisa menggunakan obat carvedilol untuk mengatasinya. Carvedilol merupakan obat yang termasuk kedalam golongan beta blockers dan alpha blockers yang berfungsi utnuk memblokir kinerja beberapa zat tertentu seperti epinefrin dalam jantung dan pembuluh darah. Obat ini berfungsi untuk menurunkan laju detak jantung, tensi darah, dan juga ketegangan jantung.

Carvedilol merupakan obat yang sering digunakan untuk mengobati hipertensi dan gagal jantung. Obat ini juga bisa digunakan setelah terjadinya serangan jantung untuk meningkatkan kesempatan bertahan hidup jika jantung anda tidak berfungsi dengan baik. Selalu ikuti petunjuk dan arahan yang diberikan oleh dokter maupun yang tertera pada kemasan obat. Carvedilol merupakan obat yang dikonsumsi secara oral atau melalui mulut dan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi obat ini secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang maksimal hingga masa pengobatan selesai. Carvedilol merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan meletakkannya pada tempat yang lembab.


Dosis carvedilol untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk angina :
  • Dosis awal : 6,25 mg diminum 2 kali sehari dengan bantuan makanan.
  • Dosis berkelanjutan : 6,25 - 25 mg diminum 2 kali sehari dengan bantuan makanan.
  • Dosis maksimum : 50 mg/hari.
Dosis dewasa untuk gagal jantung :
  • Dosis awal : 3,125 mg diminum 2 kali sehari selama 2 minggu.
  • Dosis maksimum : 50 mg/hari
Dosis dewasa untuk hipertensi :
  • Dosis awal : 6,25 mg diminum 2 kali sehari dengan bantuan makanan.
  • Dosis berkelanjutan : 6,25 - 25 mg diminum 2 kali sehari dengan bantuan makanan.
  • Dosis maksimum : 50 mg/hari


Dosis carvedilol untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis obat carvedilol yang pas untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak - anak sehingga obat ini hanya diperuntukkan untuk pasien dewasa saja.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, carvedilol juga bisa menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat carvedilol, yaitu :
  • Reaksi alergi
  • Kesulitan bernapas
  • Pusing
  • Detak jantung tidak beraturan
  • Nyeri dada
  • Pembengkakan di wajah, bibir, lidah, tenggorokan, atau di area kaki
  • Mati rasa pada tangan dan kaki
  • Napas yang pendek




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search